Home / Kuliner / 14 Makanan Khas Temanggung Yang Unik Dan Murah

14 Makanan Khas Temanggung Yang Unik Dan Murah

Selain sebagai penghasil Kopi dan Tembakau terbesar di Jawa Tengah. Temanggung memiliki kuliner-kuliner tradisional khas yang beragam dan unik-unik. Yang paling penting makanan khas Temanggung ini sangat terjangkau sekali karena murah tapi mewah di lidah.

Berikut ini beberapa kuliner Temanggung yang perlu anda buru dan dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Kabupaten ini.

1. Sego Megono

sego gono, makanan khas temanggung

Merupakan makanan khas Temanggung yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan sayur-sayuran. Ada buncis, kol, daun lembayung yang diris tipis, parutan kelapa, ikan teri dan tempe. Biasanya ditambah ketang dan jeroan isi. Rasa yang gurih dan lezat ini sangat cocok jika disantap ketika masih hangat.

2. Tiwul

tiwul makanan khas kabupaten temanggung

Adalah makanan yang terbuat dari tepung gaplek diberi air kemudian diaduk sampai membentuk butiran seperti pasir. Cara masaknya dengan diapanaskan menggunakan dandang dan dicampur dengan gula merah. Rasanya yang manis akan leboh nikmat jika ditaburi dengan parutan kelapa. Makanan khas Temanggung ini terbukti lebih rendah kalori dibandingkan dengan nasi.

3. Kupat Tahu Batoar

kupat tahu batoar, kuliner khas temanggung

loading...

Berbeda dengan yang ada di Magelang, Kupat tahu Temanggung cenderung memiliki rasa bumbu kacang yang kuat. Sedangkan di Magelang cendurung memiliki rasa manis dari kecap. Kupat tahu ini merupakan campuran dari ketupat dan potongan sayuran yang disiram dengan kuah kacang, bawang goreng dan kecap. Lokasi Kupat Tahu Batoar ini di jalan Gilingsari Pandean Temanggung.

4. Wedang Ronde Wasis

wedang ronde wasis khas temanggung

Merupakan salah satu minuman khas Temanggung yang beda dari yang lain. Yang membedakan dengan wedang ronde lainnya adalah tambahan emping pada sajiannya. Emping adaah semacam gorengan yang terbuat dari kulit mlinjo. Selain emping dalam satu posi wedang ini terdapat kolang kaling, kacang tanah yang disangrai, dan mochi (ronde) serta kuah jahe.

5. Lento

lento jajanan tradisional khas temanggung

Makanan khas Temanggung yang terbuat dari singkong yang ditumbuk halus yang dicampur dengan tepung dan kedelai kemudian di goreng. Lento ini memiliki beberapa varian jenis tergantung bahan yang digunakan. Ada lento kacang hijau, singkong dan kacang tolo, serta kedelai. Oleh-oleh khas parakan Temanggung ini dapat kalian temukan di Pasar Entho. Pasar Entho ini terletak di gang daerah Pecinan Parakan Temanggung. Pasar ini mulai ramai pada pukul 06.30-11.00 WIB.

baca selengkapnya : wisatadunia.net

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Brongkos Dan Kikil, Kuliner Enak Khas Temanggung

Apakah Anda penyuka masakan dari ...

©2017 Made With Love in Temanggung