Home / Kuliner / Bakso Lombok Uleg Pak Di

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Sejak tahun 1950-an, Bakso Lombok Uleg ® pertama kali diciptakan di Temanggung. Adalah (Alm) Ali Prawiro yang pertama kali membuatnya meski pada waktu itu belum ada namanya seperti sekarang ini. Ali Prawiro adalah anak dari seorang petani yang berusaha untuk mengubah nasib hidupnya. Sebelumnya, Ali Prawiro bekerja sebagai seorang tengkulak padi. Usaha yang digeluti ini kemudian mengalami penurunan dan kemudian mencoba mencari peruntungan lain dan dipilihlah untuk berjualan bakso.


Ali Prawiro kemudian belajar dari seorang  keturunan Tionghwoa dalam membuat bakso. Setelah dirasa bisa, kemudian Ali Prawiro membuat menu sendiri baksonya. Ali Prawiro sengaja tidak memakai bakmi sebagai bahannya namun di ganti dengan ketupat. Sambalnyapun dibuat dengan “menguleg” cabai rawit langsung di atas mangkok.


Keluar masuk kampung menjadi awal usaha Ali Prawiro menjajakan barang dagangannya. Meski hanya menggunakan gerobak “pikulan”, ini dilakukannya tanpa sedikitpun mengeluh. Beberapa tahun berkeliling, akhirnya Ali Prawiro menetapkan untuk mencari tempat mangkal dan akhirnya dipilihlah suatu tempat di sekitar kelenteng Kong Hu Cu di tengah kota. Awalnya adalah di bawah pohon beringin di taman depan kelenteng dan kemudian pindah di depan emperan toko di seberang jalan dekat dengan taman.  Dalam perjalanannya, bakso yang satu porsinya seharga beberapa sen rupiah itu, beberapa kali berpindah lokasi. Mulai dari komplek terminal (lama) yang sekarang telah dibangun menjadi ruko hingga harus pindah di lokasi yang cukup jauh yaitu di (kecamatan) Parakan, sekitar 20 km barat kota Temanggung.

Generasi kedua sebagai penerus dari generasi pertama adalah (Alm) Amat Sukemi. Amat Sukemi merupakan anak menantu dari Ali Prawiro. Meski sebelumnya anak pertamanya juga sempat ikut melanjutkan, akan tetapi tidak berlangsung lama. Pada masa Amat Sukemi ini, cara berjualannya sudah tidak lagi dengan menggunakan gerobak pikulan, namun sudah menggunakan gerobak dorong. Bakso yang pada masa itu lebih dikenal dengan sebutan Bakso Pak Amat itu, tempat mangkalnya adalah di sebelah gapura pintu masuk desa atau di seberang Bank BRI Temanggung di Jl. Jend Soedirman. Pada masanya, pelanggan Bakso Pak Amat tidak hanya masyarakat Temanggung, namun tidak sedikit pelanggan  yang berasal dari kota-kota disekitarnya, bahkan ada yang dari Jakarta.

loading...

Bakso
Anda Penasaran dengan ingin menikmati rasa Bakso Lombok Uleg Pak Di?

Atau Anda Kangen dengan rasa pedasnya?

Silakan Kunjungi Outlet terdekat di kota Anda.

  • Jl. Jenderal Soedirman No. 48 A Temanggung. Telepon (0293) 5527736
  • Skylight Plaza ; Jl. Tentara Pelajar No. 7 Bayeman Magelang. Telepon 085643401432
  • Jl. Godean Km 4 Sumberan Kasihan Bantul Yogyakarta. Telepon 08157944683
  • Jl. Kaliurang Km 6.2 Sleman Yogyakarta. Telepon 085868061717
  • Jl. Nusa Indah 2 No. 224 Condong Catur Sleman Yogyakarta. Telepon 081392868686
  • Jl. Bantul No. 64A Yogyakarta. Telepon 081804185587
  • Jl. KH M Mansyur no 112 Bendan Pekalongan

more info –> baksolombokuleg.com

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Kinanthi, kopi celup Asli Temanggung

Rusiyati Megawati, pelaku usaha mikro ...

©2017 Made With Love in Temanggung