Kendati belum lulus kelas XII, tapi ratusan pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Temanggung mengikuti seleksi kerja di berbagai perusahaan swasta.Perusahaan itu melirik lulusan SMK lantaran memiliki keterampilan dan dianggap bisa langsung bekerja.

Guru SMK Swadaya Temanggung, Humam Sabroni, mengatakan, proses rekruitmen tersebut merupakan hasil kerjasama SMK dengan berbagai perusahaan swasta yang kemudian melakukan kegiatan jemput bola menggelar seleksi langsung di sekolah. Hasil seleksi ini akan diumumkan beberapa bulan ke depan sehingga saat siswa lulus bisa langsung bekerja.

“Meski seleksi dilakukan di SMK Swadaya tapi pesertanya juga dari sekolah lain di Temanggung. Perusahaan yang melakukan seleksi antara lain dari Solaria, Win, Mako. Melalui cara ini anak-anak kelas XII yang tak lama lagi akan mengikuti ujian nanti setelah lulus sudah langsung dapat pekerjaan,”ujarnya, Rabu (9/1) kemarin.

Salah satu keuntungan sekolah di SMK adalah siswa diajarkan keterampilan-keterampilan khusus sesuai bidangnya ditambah kemampuan umum lain seperti bahasa dan komputer. Oleh karenanya, setelah lulus sudah siap memasuki dunia kerja.

Bahkan saat ini pemerintah tengah mengusahakan program revitalisasi SMK yang semula ‘job seeker’ (pencari kerja) menjadi ‘job creator’ (pencipta lapangan kerja). Melalui cara itu anak didik diajarkan lebih mandiri dalam menentukan masa depannya. Oleh karena itu mulai saat ini SMK sudah harus melakukan penataan dari berbagai segi, misalnya bagaimana mempunyai unit produksi yang dilaksanakan oleh siswa sehingga setelah lulus sudah mempunyai usaha.

Salahsatu siswi yang mengikuti seleksi kerja Haryanti (17) mengaku senang adanya proses seleksi kerja di sekolahnya sehingga dirinya tidak perlu sampai ke luar kota untuk mengikuti seleksi kerja. Siswi jurusan Akuntasi SMK Swadaya ini berharap bisa diterima di perusahaan yang diminati sesuai kemampuannya. (Mud)

sumber : https://krjogja.com/web/news/read/88316/Belum_Lulus_Siswa_SMK_Jalani_Tes_Kerja

Comments

comments