Bupati Temanggung Al Khadziq melantik 14 kades terpilih pada pilkades bulan lalu, di Pendopo Pengayoman, Kamis (27/12). Kades yang dilantik antara lain Ginari sebagai Kades Katekan, Timbul Maryanto (Tegalrejo), Suramin (Tegalrejo), Sugeng Purnomo (Kertosari), Geri Setiawan (Ketitang), Teguh Salim (Nglarangan), Jayim Chamini (Malebo) dan Slamet (Semen).

Bupati Al Khadziq mengatakan pilkades sebagai sebuah proses demokrasi yang memerlukan kesiapan dan kedewasaan semua pihak, mereka yang belum terpilih bukan tidak punya kemampuan tetapi kemenangan pesaing sebagai kehendak dari masyarakat, sehingga perlu disikapi dengan bijak.

“Pada kades yang dilantik untuk tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan masyarakat. Pelantikan sebagai momentum memulai lembaran baru mengabdikan diri di dunia pemerintahan,” katanya.

Bupati berpesan sebagai pemimpin kades untuk memimpin, membimbing dan menjadi panutan bagi masyarakat, melaksanakan tugas dengan penuh ketulusan dan tanggung jawab, dan menjaga komunikasi dengan BPD, LPMD, karang taruna dan elemen masyarakat.

Dia mengatakan Pemkab Temanggung telah menggelar pilkades serentak pada 2016 di 36 desa, pada 2018 di 14 desa dan pada 2020 untuk 216 desa. Pilkades serentak merupakan amanat undang-undang yakni dalam periode 6 tahun menggelar 3 kali pilkades.

“Apabila ada kades yang berhenti sebelum tahun 2020 selanjutnya akan diangkat pejabat kades dari PNS untuk melaksanakan tugas sehari-hari kades,” katanya. (Osy)

sumber: https://krjogja.com/web/news/read/87105/Bupati_Temanggung_Lantik_14_Kades_Terpilih

Comments

comments