Home / Berita / Cerita Petani soal Tengkulak Tembakau di Temanggung

Cerita Petani soal Tengkulak Tembakau di Temanggung

Nurul Komariah (32), petani tembakau di Desa Bagusan, Kecamatan Parakan, Temanggung, Jawa Tengah, kini beralih menanam sayuran. Dia beralih menjadi petani sayuran di antaranya karena tidak tahan dengan panjangnya proses tata niaga tembakau.

042536420161226-021433780x390

Menurut Nurul, petani tembakau di desanya tidak punya akses ke pabrik pengelola tembakau. Selama bertahun-tahun menjadi petani tembakau, Nurul mengaku tidak pernah masuk ke pabrik pengolahan tembakau yang ada di Temanggung.

Nurul dan petani tembakau lainnya harus menjual tembakau melalui tengkulak yang dipercaya pihak pabrik.

Proses penjualan tembakau diawali dari dibawanya sampel tembakau yang ada di dalam keranjang oleh para calo ke pabrik. Dari sampel inilah, kualitas tembakau dinilai dan ditentukan harganya.

Setelah harga disepakati, para calo kembali menemui petani untuk membawa seluruh tembakau hasil panen ke pabrik.

Sampai tahap ini, petani belum menerima bayaran. Pembayaran baru diberikan setelah pengecekan kualitas seluruh tembakau yang dibawa di pabrik. Petani tidak pernah berinteraksi dengan pihak pabrik sehinggatidak pernah tahu persis berapa sebenarnya harga tembakau yang ditentukan.

Kondisi ini disebut Nurul membuat petani merasa dipermainkan karena seringkali uang yang dibayarkan tidak sesuai dengan harapan. Di sisi lain, petani tidak mungkin lagi mengambil tembakau yang sudah dibawa calo ke pabrik.

loading...

“Jadi dibawa dulu, ditentuin di sana. Petani enggak lihat. Kalau dianggap jelek, dikembaliin. Kalau mau dibeli harganya sudah pasti turun jauh,” ungkap Nurul.

Menurut Nurul, para petani sering curiga tengkulak menjual dengan harga yang lebih mahal ketimbang yang dibayarkan kepada petani.

“Modelnya ini saya bilang kayak mafia. Petani sama calo tembakau itu lebih menang calonya,” ucap Nurul.

Dia kemudian membandingkannya dengan proses tata niaga sayur. Menurut Nurul, selepas panen, petani sayur dapat langsung membawanya ke pasar untuk kemudian dijual ke

baca selengkapnya –> kompas.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Nama Artis Tommy Kurniawan Muncul di Bursa Cawabup Temanggung

Nama artis Tommy Kurniawan muncul ...

©2017 Made With Love in Temanggung