Home / Berita / Desa Mondoretno Temanggung Uji Coba Penabungan Biogas

Desa Mondoretno Temanggung Uji Coba Penabungan Biogas

Desa Mondoretno adalah salah satu Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Tiang penyangga perekonomiannya, sama seperti sebagian besar desa di Temanggung,  berada pada sektor pertanian.  Pemeliharaan ternak, khususnya sapi juga banyak dilakukan oleh masyarakat Mondoretno.

Dalam perkembangannya, Desa Mondoretno dengan didampingi oleh Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, juga telah memiliki unit digester Biogas.  Keberadaan digester biogas ini dapat mengatasi pencemaran limbah ternak ke lingkungan.

Dijelaskan oleh Subagiyono, Kades Mondoretno,  bahwa gas metan sebagai energi baru terbarukan, yang dihasilkan sudah dimanfaatkan oleh Rumah Tangga guna memasak dan penerangan kandang menggunakan petromak biogas.

Pemanfaatan biogas bagi masyarakat Desa Mondoretno terkendala dengan diperlukannya pemipaan dari digester biogas ke dapur-dapur rumah tangga.

“Masyarakat Mondoretno berkeinginan menggunakan biogas seperti halnya menggunakan gas elpiji, jadi bisa ditenteng dari kandang ke rumah masing-masing,” ungkap Subagiyono dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Rabu (26/9/2018).

Untuk mewujudkan pemanfaatan biogas secara lebih luas, Pemdes Mondoretno menjalin kerjasama dengan Fakultas Peternakan dan Pertanian UNDIP.

“Teknologi penabungan biogas yang dimiliki FPP UNDIP adalah teknologi tepat guna sehingga sangat sederhana dan dapat dioperasionalkan oleh petani peternak,” jelas Dr.Ir. Marry Christiyanto, M.P, dosen dari UNDIP.

Prinsip kerja alat penabungan biogas ini adalah dengan mendinginkan biogas hingga minus 40 derajat celcius kemudian dilakukan pemasukan ke dalam tabung dengan tekanan.

Uji coba penabungan biogas dilaksanakan di kandang sapi potong yang terletak tepat di depan Balai Desa Mondoretno.

Proses uji coba penabungan biogas ini ditangani langsung oleh Dr. Ir. Marry Christiyanto, M.P, dimulai dengan mengalirkan biogas yang dihasilkan dari digester biogas ke dalam alat penampung dan kemudian didinginkan.

Proses selanjutnya adalah memasukkan biogas ke dalam tabung dengan alat bantu pompa hisap.

“Tersedianya energi baru terbarukan yang sangat murah pasti akan memunculkan usaha-usaha kreatif dari ibu rumah tangga,” jelas Marry saat uji coba.

Biogas yang telah dimasukkan ke dalam tabung diujicoba dinyalakan langsung di selangnya, untuk menunjukkan bahwa biogas amat sangat aman digunakan oleh masyarakat.

Kemudian biogas tabung dipasang di kompor Biogas dan berhasil dinyalakan dengan nyala api biru sempurna.

Subagiyono selaku Kepala Desa Mondoretno menyatakan puas dengan hasil uji coba penabungan biogas ini.

Teknologi penabungan Biogas ini akan dijadikan salah satu menu di Bursa Inovasi Desa Kabupaten Temanggung yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2018.

“Sepertinya mimpi masyarakat Mondoretno memanfaatkan biogas dengan tabung akan bisa terwujud, dan akan kita paparkan di forum sebagai bentuk inovasi dalam mengelola limbah ternak dan solusi alternatif mandiri energi dan penyedia pupuk organik guna mencapai pertanian organik, sehat dan mandiri,” ujar Subagiyono.

Harapannya di bursa inovasi desa akan dihasilkan komitmen bersama dari Desa untuk implementasinya.  Sehingga Desa dalam menggunakan Dana Desa lebih tepat guna dan hasil guna.

Digester Biogas yang sudah dibangun yang nantinya dilengkapi dengan alat penabung biogas akan menjadi salah satu wujud kepedulian dan pengabdian Perguruan Tinggi untuk Desa, khususnya bagi keluarga petani peternak. (*)

sumber : jateng.tribunnews.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung
x

Check Also

Malam Hari, Luna Maya Kunjungi Kolam Tempat Meditasi Suzzanna

Selain mengunjungi rumah dan juga ...

©2017 Made With Love in Temanggung