Home / Berita / Eksportir Temanggung Kirim Buncis ke Singapura

Eksportir Temanggung Kirim Buncis ke Singapura

Eksportir PT Bumi Sari Lestari di Soropadan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hampir setiap hari mengirim sayur buncis ke Singapura.

budidaya-buncis

“Setiap hari kami mengirim buncis ke Singapura sebanyak satu ton via pesawat terbang,” kata bagian administrasi Bumi Sari Lestari, Aris Wahyu di Temanggung, Kamis (25/2/2016).

Selain buncis, katanya Bumi Sari Lestari juga mengekspor jenis buah dan sayuran lain yang dikirim sekali seminggu atau dua kali seminggu menggunakan kontainer.

Ia menuturkan, untuk buncis dikirim setiap hari karena tidak tahan lama.

Ia menyebutkan, jenis sayuran yang dikirim melalui kontainer, antara lain kentang, melon, ubi cilembu, mangga, semangka, jipang, dan lobak.

“Pengiriman buah dan sayuran melalui kontainer sekali kirim bisa mencapai 18 hingga 20 ton,” katanya.

Ia mengatakan, jenis buah dan sayuran yang dikirim tersebut berasal dari petani Temanggung dan sekitarnya, seperti Magelang, Wonosobo, dan Semarang.

“Mereka adalah para petani yang menjadi mitra kami,” katanya.

Menurut dia peluang ekspor baik buah maupun sayuran ke Singapura sebenarnya masih terbuka, namun terkendala oleh jumlah barang yang terbatas sehingga tidak bisa kirim secara rutin.

“Upaya ekspor buah dan sayuran membutuhkan ketersediaan barang yang rutin dan berkelanjutan serta loyalitas petani, karena kalau mereka nakal jika barang di sini lebih mahal maka mereka tidak menjual barang tersebut ke kami,” katanya.

sumber

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Ritual Sadran 1.000 Ketupat Desa Ngemplak Lestarikan Budaya dan Kembangkan Potensi Wisata Temanggung

Warga Desa Ngemplak Kecamatan Kandangan ...

©2017 Made With Love in Temanggung