Dengan selesainya musim tembakau di Temanggung, para petani tembakau yang tergabung dalam Sedulur Petani Tembakau Kabupaten Temanggung mengadakan Festival Panen Mbako Sedulur Tani Temanggung 2017, Sabtu (09/12). Festifal berpusat di Pasar Kliwon tersebut menghadirkan artis Ibukota Anji.

foto : instagram.com/duniamanji/

Dalam festifal tersebut dibawa juga dua gunungan dengan berbagai macam sayuran dan buah-buahan hasil panen yang diiringi kesenian daerah yang ada di Temanggung, seperti jaran kepang, reog, dan drum band dari desa Banaran.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno berharap semoga harga tembakau yang akan datang semakin baik. “Barang siapa yang bersyukur, maka nikmat dari tuhan akan bertambah, semoga dengan syukuran dalam bentuk festival ini, Temanggung semakin aman, damai, sejahtera, semoga harga tembakau kedepan semakin membaik,” katanya.

Ketua panitia, Noer Ahsan (41) mengatakan, festival ini juga bertujuan untuk menepis anggapan bahwa banyak aktifis anti rokok di Temanggung. “Di Temanggung ini mungkin sedikit aktifis anti rokok, bahkan bisa dibilang tidak ada, karena warga Temanggung bisa sejahtera dengan menanam Tembakau,” tuturnya.

Setelah didoakan, gunungan hasil panen yang dibawa oleh panitia langsung diserbu dan diperebutkan warga Temanggung untuk disimpan dan ada untuk dikonsumsi, mereka meyakini bahwa hasil penen yang ada digunungan itu bisa mendatangkan keberkahan.

Wakapolres Temanggung Kompol Prawoko mengatakan acara seperti ini baru pertama kali diadakan, oleh karena itu anggota Polres Temanggung yang mengamankan festival itu sempat kualahan saat mengatur jalannya lalulintas di pasar, karena padatnya warga Temanggung yang ingin melihat dan berpartisipasi dalam festival itu.

“Acara seperti ini baru pertama kali diadakan di Temanggung, walaupun sempat terjadi kemacetan akan tetapi masih bisa kami atasi dan lalu lintas dapat kembali lancar,” katanya. (Suchafif Nur Rochman)

sumber : delikjateng.com

Comments

comments