Home / Ekonomi / Gas Melon Langka di Temanggung

Gas Melon Langka di Temanggung

Sejak sepekan terakhir, mayoritas masyarakat di Kabupaten Temangung kesusahan mendapatkan gas elpiji bersubsidi tabung ukuran tiga kilogram (gas melon). Meskipun akhirnya menemukan, namun harga tabung khusus untuk orang miskin ini cukup mahal mencapai Rp25 ribu per tabung.

“Sudah kurang lebih sepekan terakhir ini gas tiga kilogram susah sekali didapat,” kata Andi warga Parakan, kemarin.

Ia mengaku tidak tahu persis kenapa gas melon itu kembali langka. Karena biasanya kelangkaan tabung gas ini hanya terjadi saat-saat menjelang perayaan hari besar keagamaan dan hari besar lainnya.

Tapi pada kenyataanya saat ini masyarakat di wilayah Kecamatan Parakan kembali mengalami kesulitan tabung gas. Tidak hanya itu harga tabung gas tiga kilogram saat ini mencapai Rp25 ribu per tabung.

“Jika kondisinya seperti ini terus, masyarakat yang menjadi korban,” ucapnya.

Menurutnya, bahan bakar gas elpiji saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Manakala bahan bakar gas elpiji bersubsidi ini susah didapat, masyarakat mengalami kebingungan dan kesusahan.

“Susah banget, kami warga perkotaan sudah tidak lagi menggunakan kayu bakar. Nah kalau gas tiga kilogram tidak ada. Kami tidak bisa mengantinya dengan yang lainnya,” tuturnya.

Kelangkaan tabung gas bersubsidi ini tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan parakan saja, di wilayah Kota Temanggung juga terjadi hal serupa. Bahkan sebagian masyarakat harus pergi ke luar daerah untuk mendapatkan tabung gas melon ini.

“Sama saja mau di kota dan di desa,sekarang kondisinya sama susah mencari tempat untuk menukar tabung gas,” katanya.

Menurutnya, kelangkaan tabung gas ini memang sudah sering terjadi, apalagi saat menjelang perayaan hari raya keagamaan. Bahkan saat ini kelangkaan tabung gas tidak mengenal waktu khusus.

“Kalau menjelang Lebara, natal atau perayaan yang lainnya mungkin karena kebutuhan masyarakat yang tinggi, sehingga tabung gas susah didapat. Kalau sekarang, kan tidak ada perayaan hari besar, tapi kelangkaan juga terjadi lagi,” tuturnya.

Ia mengaku, tidak pernah menyangka gas melon ini akan langka, sebab dari beberpa informasi di media masa pemerintah juga sudah berupaya menambah pasokan tabung gas untuk memenuhi kekurangan.

Ia berharap, pemerintah bisa kembali meminta tambahan kuota tabung gas tiga kilogram, sehingga kedepan tidak ada keluhan masyarakat yang mengalami kesulitann tabung gas.

“Tidak hanya itu, harapan kami harga tabung gas bisa kembali normal seperti dulu, sekarang paling murah Rp21 ribu, itupun sekarang tidak punyak stok,” tuturnya.(set)

sumber : http://magelangekspres.com/berita/gas-melon-langka.html

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung
x

Check Also

Bawang merah impor masuk, petani Temanggung demo

Ratusan petani bawang merah di ...

©2017 Made With Love in Temanggung