Home / Berita / Gubernur Ganjar Pranowo Kunjungi Pasar Papringan Temanggung

Gubernur Ganjar Pranowo Kunjungi Pasar Papringan Temanggung

Gubernur Ganjar Pranowo Kunjungi Pasar Papringan Temanggung dengan bersepeda dari Bandungan bersama rombongan pesepeda Polda Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba di Pasar Papringan Kelingan Caruban Kandangan Temanggung sekitar pukul 10.15 dan langsung meninjau Pasar Papringan.

Ganjar-icip-Kefir-768x608

Pasar Papringan menerapkan konsep Unik, karena pasar ini hanya ada per 35 hari sekali, yang diselenggarakan setiap Hari Minggu Wage, dan pada tanggal 20 Maret 2016 yang lalu merupakan penyelenggaraan yang ketiga.

Keunikan dari Pasar papringan terletak pada lokasi yang memang berada ditengah-tengah kebun kebun pring ( Bambu : Red ) Sebagai awal mula penyebutan Papringan, juga di pasar ini menerapkan uang transaksi sendiri yang dimulai dari 1 pring untuk Rp1000 sampai dengan 50 Pring untuk Rp50.000.

Ada tiga jenis Produk yang ditampilkan yaitu Kuliner Lokal, Hasil Pertanian dan Kerajinan dan setiap penyelenggaraan pasar mayoritas stand adalah Pedagang lokal ( warga Sekitar ) dan ada 2 stand tamu. Pada Tanggal 20 Maret 2016 yang menjadi stand tamu salahsatunya adalah Rumah Kefir Temanggung yang menyediakan aneka produk olahan hasil fermentasi dari susu sapi dan susu kambing, seperti minuman, masker, toner dan lulur.

Gubernur Ganjar berpandangan bahwa pasar ini perlu dipercantik dan suasananya perlu ditata dan diceritakan lebih banyak supaya banyak pengunjung luar daerah yang datang sehingga akan semakin bergairah.

“Orang bisa datang ke sini berjalan, ini kreasi perlu didorong. Desa ini punya satu keunggulan, jadi orang tidak perlu keluar dari bisa, dan ini luar biasa,” kata Ganjar, di dalam pasar seni tersebut.

“Tapi yang penting sekarang orang sudah berdatangan. Saya harap ini bisa dikembangkan ceritanya, dieksplor lebih mendalam, begitu dengan respon masyarakatnya,” tambah dia.

loading...

“Pasar Papringan ini menghadirkan sesuatu yang baru. Ini bisa disampaikan pada publik, bahwa ini ada di Jawa Tengah,” pintanya.

Rute menuju Pasar Papringan pun tidaklah sulit karena Jalan masuk menuju lokasi terdapat petunjuk menuju pasar papringan sepanjang jalan maron – Kandangan.

Pengunjung pasar Papringan selain warga lokal dan warga temanggung, juga banyak warga luar kota seperti dari Jogja, Magelang, Wonosobo, Salatiga dan Semarang.

Selain Obyek wisata yang sudah ada di Temanggung, Pasar Papringan kedepannya bisa menjadi obyek wisata baru di Temanggung sehingga bisa meningkatkan taraf hidup warga disekitar Pasar Papringan karena adanya kegiatan dan transaksi ekonomi di sana. (den)

sumber : keduselatan.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Bioskop Keliling BPCB Jateng Sambangi Temanggung

Bioskop keliling BPCB Jateng memulai ...

©2017 Made With Love in Temanggung