Home / Berita / Harga Gabah Di Temanggung Turun

Harga Gabah Di Temanggung Turun

Harga gabah kering panen di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, turun sekitar Rp150 per kilogram, yakni dari Rp4.600 per kilogram menjadi Rp4.450 per kilogram.

gabah

Pemilik penggilingan padi di Desa Kedungumpul, Kecamatan Kandangan, Sriyati (55), di Temanggung, Selasa, mengatakan meskipun harga turun, namun masih di atas harga pembelian pemerintah (HPP) Rp3.750 per kilogram.

Menurut dia turunnya harga gabah karena sekarang banyak daerah yang panen padi, meskipun di Temanggung belum ada panenan dan kebanyakan saat ini ditanamai sayuran dan tembakau.

“Saat ini kami justru mendatangkan gabah dari Kabupaten Magelang, karena di Temanggung sendiri tidak ada panenan,” katanya.

Ia mengatakan pasokan gabah selama ini berjalan lancar, bahkan setiap dua hari sekali dapat pasokan gabah setiap kali dapat kiriman sekitar 2,5 hingga 3 ton gabah.

Ia menuturkan mencari gabah saat ini mudah, namun proses pengeringannya agak terkendala karena hampir setiap hari hujan.

“Dalam beberapa hari terakhir memasuki tengah hari sudah turun hujan, bahkan terkadang dari pagi cuaca mendung terus sehingga proses pengeringan gabah terganggu,” katanya.

Ia mengatakan dalam kondisi cuaca normal, pengeringan gabah hanya cukup dua hari, namun saat ini pengeringan bisa berlangsung lima hingga tujuh hari.

sumber : bisnis.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Pendaki Gunung Sindoro dilarang bawa tisu basah

Para wisatawan pendakian Gunung Sindoro ...

©2017 Made With Love in Temanggung