Home / Berita / Harga Kios di Pasar Wage Ngadirejo Belum Ditentukan

Harga Kios di Pasar Wage Ngadirejo Belum Ditentukan

Harga sewa kios dan los baru di Pasar Wage Ngadirejo, sampai dengan saat ini belum ditentukan oleh pemkab. Karena itu, informasi tentang harga kios Rp 48 juta hingga Rp 50 juta, dan harga los Rp 8,5 hingga Rp 10 juta, bukan merupakan ketetapan resmi, dan ditengarai perkiraan para pedagang sendiri.

20cpasar.tmg-k41

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasidan Koperasi, Ronny Nurhastuti, di kantornya, pekan lalu mengatakan, harga sewa kios dan los baru di Pasar Ngadirejo nantinya akan ditetapkan melalui peraturan bupati (Perbup). Dan, saat ini perbup tersebut belum diterbitkan oleh pemkab.

‘’Dalam penyusunan perbup, isinya perlu diketahui dan dikonsultasikan dengan pihak DPRD Temanggung. Sekarang ini, proses penyusunan perbup tersebut baru menuju ke tahapan mengonsultasikan isinya dengan DPRD,’’jelasnya.

Penghitungan harga sewa kios dan los yang dibebankan kepada para pedagang tersebut, secara garis besar dilakukan dengan cara menghitung keseluruhan biaya pembangunannya. Kemudian, hasilnya dikurangi biaya pembangunan untuk sarana-sarana fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di bangunan baru itu.

‘’Dari penghitungan tersebut, lalu akan ditentukan harga sewa permeternya. Harga permeter itulah, yang akan digunakan untuk menetapkan harga sewa setiap kios, yakni dengan mengalikannya dengan luasan masing-masing kios,’’terangnya.

Tunggu Perbup

Berkait dengan telah beredarnya informasi harga sewa di kalangan pedagang Pasar Ngadirejo, yakni untuk kios Rp 48 juta dan los Rp 10juta, Ronny mengakui, sudah mendengarnya. Bahkan, sejumlah pedagang yang akan menempati kios baru itu, juga telah mengirimkan surat permohonan keringanan harga sewa kios.

Dalam surat permohonan tersebut, ujarnya, para pedagang menyebutkan harga sewa kios adalah Rp 50 juta, dan mereka meminta keringanan agar harganya diturunkan menjadi Rp 30 juta. Kemudian, untuk harga sewa los disebutkan senilai Rp 8,5 juta, dan mereka meminta keringanan menjadi Rp 5 juta.

loading...

‘’Harga-harga sewa tersebut kemungkinan baru perkiraan dari para pedagang sendiri, jadi bukan merupakan ketetapan resmi dari pemkab,’’tandasnya.

Diungkapkannya, para pedagang bisa memperkirakan harga sewa kios dan los itu, kemungkinan dengan mengacu kepada harga sewa kios dan los di Pasar Parakan atau Pasar Candiroto. Padahal, tipe Pasar Ngadirejo tersebut tidaklah sama dengan Pasar Parakan atau Pasar Candiroto.

‘’Karena itu, untuk mengetahui secara pasti harga sewa kios dan los baru di Pasar Ngadirejo, sebaiknya menunggu ketentuan dalam perbup-nya saja,’’katanya.

Seperti diberitakan, sebanyak 18 kios baru di sisi barat Pasar Ngadirejo itu akan ditempati para pedagang yang sebelumnya menempati kios lama di lahan yang sama, dan saat ini masih mereka menempati kios darurat di depan pasar setempat.

Adapun untuk los-los baru di lantai dua pasar tersebut, akan digunakan untuk menempatkan sebagian dari ratusan PKL yang selama ini berjualan di lingkungan pasar itu.

sumber : suaramerdeka.com/Henry Sofyan/CN39/SM Network

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Bioskop Keliling BPCB Jateng Sambangi Temanggung

Bioskop keliling BPCB Jateng memulai ...

©2017 Made With Love in Temanggung