Home / Review / Ingin Membeli Apartemen di Jakarta? Cermati Hal Ini

Ingin Membeli Apartemen di Jakarta? Cermati Hal Ini

Bagi masyarakat perkotaan kelas menengah, memiliki tempat tinggal di apartemen memang sudah menjadi pilihan favorit. Selain karena tingginya harga rumah tapak, keinginan memiliki apartemen juga didorong oleh perubahan gaya hidup masyarakat.

cara-mudah-menyewa-atau-membeli-apartemen-baru-di-jakarta

Kondisi jalanan Jakarta yang kian macet membuat masyarakat enggan memilih tinggal di pinggiran kota. Untuk pulang ke kota pinggiran Jakarta di waktu pulang kantor saja memakan waktu 2-4 jam perjalanan. Oleh sebab itu, banyak masyarakat pekerja usia produktif yang memilih tinggal di apartemen di Jakarta.

Pembangunan apartemen di Jakarta saat ini sedang booming. Apartemen-apartemen baru ini juga melakukan promosi besar-besaran yang menawarkan berbagai kemudahan pembayaran dan diskon.

Jika Anda berminat membeli apartemen di Jakarta, sebaiknya tidak hanya tertarik pada satu kelebihan yang ditawarkan oleh pengembang. Perlu pertimbangan yang banyak dalam memilih apartemen yang baik.

Lokasi

Lokasi adalah faktor yang paling utama yang harus diperhatikan saat ingin membeli apartemen di Jakarta. Jika alasan Anda memilih apartemen sebagai hunian karena kemacetan, maka pilih apartemen yang lokasinya dekat dengan kantor Anda.

Hal ini tentu akan menghemat banyak waktu sehingga waktu untuk keluarga bisa lebih optimal. Perhatikan juga apakah apartemen yang Anda inginkan lokasinya dekat dengan akses transportasi seperti jalan tol dan angkutan umum.

Apartemen yang lokasinya mudah dijangkau dengan angkutan umum (KRL, Bus Trans Jakarta, Angkutan Kota) akan membantu Anda menghemat uang dan tenaga.

Bentuk Bangunan dan Tata Ruang Apartemen

Bentuk bangunan apartemen di Jakarta bervariasi. Hal ini tergantung pada desain arsitektur dan ketersediaan lahannya. Pilihlah apartemen dengan unit berbentuk persegi (kotak).

Apartemen dengan bentuk yang bersudut-sudut akan menyusahkan dalam hal tata ruangnya. Kondisi tata ruang di dalam apartemen pun juga harus diperhatikan. Desain interior dan penataan furnitur yang efektif dan memudahkan ruang gerak penghuninya, tentu lebih baik.

Unit Apartemen

Apartemen di Jakarta umumnya menyediakan unit tipe studio dengan satu atau dua kamar. Ruangan apartemen tipe studio tidak lebih dari 18-20 meter persegi dengan kamar dan kamar mandi. Pilihlah apartemen yang mendapat pemandangan ke arah luar gedung agar sinar matahari bisa masuk ke dalam apartemen. Perhatikan pula apakah ada ruang service di bagian belakang unit apartemen yang biasanya digunakan sebagai tempat jemuran atau gudang.

 

Kondisi Apartemen

Kualitas bahan bangunan penting untuk diketahui sebelum membeli apartemen di Jakarta. Selain itu, sebaiknya Anda juga mengecek kondisi aliran listrik dan air. Jangan sampai Anda membeli apartemen yang listriknya sering padam atau aliran airnya tidak lancar.

Anda juga harus mencermati saluran pembuangan air dan apakah ada celah di bangunan apartemen yang bisa membuat air masuk ke dalam saat hujan. Untuk memastikan hal ini, Anda bisa berdiskusi dengan konsultan independen mengenai apartemen yang akan Anda beli.

Selain kondisi di dalam unit apartemen, kondisi sekitarnya juga perlu diperhatikan. Apakah apartemen yang Anda inginkan memiliki keunggulan dari segi pembangunan infrastruktur.

Apartemen di Jakarta yang baik adalah yang mudah menjangkau fasilitas umum baik transportasi, kesehatan, pendidikan, maupun hiburan. Infrastruktur yang memadai akan memberikan dampak signifikan apabila Anda akan menjual apartemen sewaktu-waktu.

Tidak sedikit apartemen di Jakarta yang kini dibangun di atas pusat perbelanjaan (mall). Hal ini menjadi kelebihan asalkan pintu masuk apartemen tidak menjadi satu dengan mall karena akan macet pada jam-jam pulang kantor.

Fasilitas Apartemen

Saat akan memilih tempat tinggal, faktor fasilitas sangat layak untuk diperhitungkan. Tentunya kita menginginkan hunian yang aman dan nyaman. Sebelum memutuskan untuk membeli, periksalah fasilitas penunjang yang disediakan oleh pengembang.

Apartemen yang menjamin keamanan penghuni akan memberikan fasilitas petugas keamanan yang bekerja selama 24 jam. Kelengkapan CCTV di tiap unit juga menjadi nilai tambah. Untuk kebutuhan ini pula, apartemen di Jakarta yang baik akan memberikan kartu akses masuk yang hanya bisa digunakan oleh penghuni apartemen.

Selain keamanan, fasilitas penunjang kenyamanan yang lain misalnya sarana olahraga seperti jogging track, fitness center, dan kolam renang, serta fasilitas kesehatan seperti klinik.

Reputasi Developer/Pengembang

DI Jakarta, jika tidak hati-hati, kita bisa saja bertemu dengan pengembang yang “nakal”. Reputasi pengembang bisa kita ketahui dengan melihat apartemen di Jakarta yang pernah dibangun. Kita bisa mengamati langsung ke lokasi, apakah apartemen yang sudah pernah dibangun layak huni atau tidak. Kita juga bisa bertanya kepada penghuni apartemen tersebut, apakah pengembangnya bermasalah atau tidak.

Sertifikat dan Legalitas Perusahaan

Sebelum membeli apartemen di Jakarta, Anda perlu mengecek sertifikat dan legalitas bangunan. Beberapa dokumen yang perlu Anda periksa adalah Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki pengembang, surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT).

Lakukan pengecekan silang dan validasi ke instansi berwenang. Nantinya, pemilik apartemen akan memiliki Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS) dan pastikan Anda mendapatkannya.

Nilai Investasi Apartemen

Properti adalah produk investasi yang sangat efektif, termasuk apartemen.  Hal ini bukan tanpa alasan, harga apartemen di Jakarta selalu naik setiap tahunnya, mulai dari 5 hingga 8%. Untuk kebutuhan investasi jangka panjang, membeli apartemen akan sangat menguntungkan.

Anda bisa membeli apartemen saat kondisi masih dalam proses pembangunan. Saat itu harganya relatif lebih murah dibanding ketika siap huni. Selama proses pembangunan, nilai properti akan cenderung bertambah.

Demikian beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen di Jakarta. Jangan lupa, sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dana yang Anda miliki. Jangan membeli apartemen di Jakarta hanya karena gengsi semata. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Bagini Cara Tepat Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Sesi promo merupakan salah satu ...

©2017 Made With Love in Temanggung