Home / Uncategorized / Jaga Kualitas, Temanggung Juara Kontes Kopi

Jaga Kualitas, Temanggung Juara Kontes Kopi

Temanggung kembali meraih juara satu untuk kategori kopi robusta dalam Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) 2018 yang digelar Asosiasi Eksporter Kopi Indonesia (AEKI) bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) di Filosofi Kopi, Kampung Jago Sleman Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sejak 17 – Oktober 2018.

Dari tiga kategori yang dilombakan, dua wakil dari Kabupaten Temanggung berhasil menyabet juara dari satu kategori yang sama, kategori robusta. Yakni Mustofa asal Dusun Kemloko Desa Soborejo Kecamatan Pringsurat sebagai juara pertama dan Muhammad Yusuf Fauzan asal Desa Mergowati Kecamatan Kedu Temanggung sebagai juara kedua.
Penggagas KKSI sekaligus juri lomba, Pranoto Soenarto menuturkan, KKSI pertama kali digelar pada 2008. Ia membeberkan, tujuan KKSI, di antaranya inventarisasi karakteristik mutu fisik dan cita rasa kopi spesialti dari seluruh Indonesia.

Pranoto menjelaskan, pada final KKSI 10, tim juri yang berjumlah 11 orang dari berbagai daerah dan mancanegara telah memfinalkan 30 kopi terbaik Indonesia dari 3 kategori. Arabika, robusta dan arabika natural.
Sebagai juara I untuk kategori kopi robusta, Mustofa mengaku bangga atas prestasi yang diraihnya. Ia membeberkan tips-tips selama ini sehingga menghasilkan kopi punya cita rasa dan kualitas tinggi. Yakni metode pengolahan yang benar mulai masa tanam hingga pascapanen.

“Harus ada konsitensi yang kita jaga agar memiliki kualitas standar tinggi. Ke depan, saya juga berjanji akan tetap konsisten menjaga mutu dan terus belajar agar terus lebih baik,” tekadnya. (san/lis)

sumber : http://www.radarkedu.com/2018/10/22/jaga-kualitas-temanggung-juara-kontes-kopi/

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung
x

Check Also

Produsen Jamur di Temanggung Kewalahan Penuhi Permintaan

Produsen jamur tiram di Kabupaten ...

©2017 Made With Love in Temanggung