Home / Berita / Kekeringan Meluas ke Tujuh Kecamatan di Temanggung

Kekeringan Meluas ke Tujuh Kecamatan di Temanggung

DAERAH terdampak kekeringan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada musim kemarau tahun ini meluas ke tujuh kecamatan, dari sebelumnya hanya di lima kecamatan.

Berdasarkan data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, pada pekan lalu, krisis air bersih hanya melanda 12 dusun dalam tujuh desa di lima kecamatan. Kelima kecamatan itu adalah Pringsurat, Kandangan, Selopampang, Kaloran, dan Jumo.

“Hari ini sudah ada tambahan satu dusun di Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, dan satu dusun di Desa Selosabrang wilayah Kecamatan Bejen. Dengan demikian sudah ada 14 dusun dalam sembilan desa di tujuh kecamatan yang mengalami kekeringan,” ujar Kasi Penanganan Darurat dan Logistik, BPBD Temanggung, Gito Walngadi, Selasa (29/8).

Dari semua desa tersebut, menurut Gito, Desa Tlogopucang di Kecamatan Kandangan mengalami krisis air bersih terparah. Sebab di daerah yang berada di lereng gunung Sumowono ini sama sekali tidak ada sumber air.

Semula Pemerintah Daerah (Pemda) setempat akan mengupayakan aliran air dari sumber mata air baru di bawah Jembatan Sigandul, Desa Tlahap, Kecamatan Kledung untuk dialirkan hingga ke Tlogopucang di Kecamatan Kandangan. Namun hingga saat ini upaya tersebut masih belum terealisasi.

Sejauh ini, sebut Gito, pihak BPBD Temanggung telah melakukan droping air bersih sebanyak dua kali dalam sepekan di tiap-tiap dusun untuk mengatasi kekeringan sementara waktu. Sebagai upaya permanen, pihaknya juga melakukan pipanisasi dengan mengajukan permintaan anggaran ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (OL-6)

sumber : mediaindonesia.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Malam Hari, Luna Maya Kunjungi Kolam Tempat Meditasi Suzzanna

Selain mengunjungi rumah dan juga ...

©2017 Made With Love in Temanggung