Melihat angka kematian ibu yang masih terjadi di Desa Padureso, Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung.

Tim KKN Universitas Diponegoro melakukan kegiatan pencerdasan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dengan metode penyuluhan promosi kesehatan dengan topik pengenalan Antenatal Care pada Ibu Hamil.

kkn-undip_20160210_123341

Rizka Amalia mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat yang melaksanakan program ini menjelaskan isi dari penyuluhan ini adalah penjelasan mengenai kapan saja waktu kunjungan K1, K2, K3, dan K4 selama kehamilan serta tujuan kunjungan yang dilakukan ibu hamil.

“Kami menjelaskan juga 10 standar pelayanan tenaga kesehatan ketika ibu hamil memeriksakan kehamilannya ke pelayanan kesehatan, selain itu dipaparkan pula masalah kesehatan yang dapat menjadikan ibu hamil dinyatakan memiliki risiko tinggi kehamilan,” terang Rizka dalam keterangan tertulisnya.

Ia berharap ketika sudah diberikan penyuluhan, ibu hamil mampu melaksanakan hal-hal yang harus dilakukan pada saat kehamilan serta mampu menjaga kesehatan kehamilannya sehingga dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) maupun Angka Kematian Bayi.

Dosen Pembimbing Lapangan Kecamatan Jumo KabupatenTemanggung Ir. Martini, M.Kes mengatakan bahwa KKNmerupakan implementasi keilmuan mahasiswa di masyarakat, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Di bidang kesehatan, mahasiswa dapat menjadi agent yang turut mewujudkan upaya pemeliharaan kesehatan di masyarakat, melalui upaya promotif dan preventif.

“Kegiatan penyuluhan kesehatan ibu hamil ini dipandang perlu dilakukan sebagai upaya penurunan angka kematian ibu dan balita, serta sangat mendukung program pemerintah yaitu Making Pregnancy Safer” ujarnya. (*)

sumber

Comments

comments