Home / Berita / Kopi Temanggung Unjuk Gigi di Ajang Kopi Bergengsi Dunia

Kopi Temanggung Unjuk Gigi di Ajang Kopi Bergengsi Dunia

Selama ini orang mengenal Temanggung sebagai penghasil tembakau ataupun kentang. Dan banyak orang tak tahu jika kota sejuk di Jawa Tengah ini juga memproduksi kopi premium yang telah memenangi kontes nasional.

Dan bahkan, produk kopi Temanggung dipercaya untuk mewakili Indonesia di dalam ajang Speciality Coffee Association of America (SCAA) pada 14-17 April 2016, di Atlanta, Georgia.

Panen Kopi-2

SCAA merupakan salah satu kompetisi kopi premium paling bergensi di dunia. Di sini setiap produsen kopi dapat mempromosikan produknya dari masing-masing negara. SCAA akan melakukan seleksi kopi yang terbaik untuk dipromosikan sehingga harus ada syarat yang memenuhi kualifikasi SCAA.

“Pada ajang tersebut kami akan menampilkan kopi arabica dan robusta yang menjadi salah satu komoditas unggulan Temanggung,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Temanggung, Ronny Nurhastuti di Temanggung, Kamis (7/4/2016).

loading...

Ronny menuturkan pihaknya akan mengisi stan yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan Indonesia bersama wakil dari Aceh. Ia mengatakan kopi Temanggung sebelumnya masuk dalam delapan besar pada festival kopi di Swedia dan menang dalam ajang kopi cita rasa Nusantara di Jakarta.

“Pada SCAA kami juga akan membawa kopi tradisional yang tidak diproses dengan mesin,” katanya.

Ia menuturkan dengan mengikuti ajang SCAA tersebut diharapkan kopi Temanggung lebih dikenal di dunia sehingga pendapatan petani meningkat dan sejahtera. Pengolahan kopi secara tradisional di Temanggung, menurut Ronny, melalui dua metode, yakni pengolahan basah dan kering untuk hasil yang terbaik. Ini yang memberikan rasa khas pada kopi yang dihasilkan.

“Selama ini, kopi Temanggung sebenarnya sudah diekspor, tetapi melalui ekportir dari luar Temanggung. Ke depan diharapkan ada eksportir langsung dari Temanggung,” katanya.

sumber : www.suara.com

About admin

Portal Info kota Temanggung

One comment

Leave a Reply

x

Check Also

Ganjar Angkat 1000 Kuda Lumping jadi Event Wisata Dahsyat

Pada era gubernur terdahulu, kuda ...

©2017 Made With Love in Temanggung