Home / Berita / Masyarakat Temanggung bakal nikmati BPJS Kesehatan gratis

Masyarakat Temanggung bakal nikmati BPJS Kesehatan gratis

Pemerintah Kabupaten Temanggung saat ini tengah mengkaji wacana sekaligus konsep pemberian fasilitas BPJS Kesehatan gratis bagi seluruh penduduk Kabupaten Temanggung sebagai bentuk jaminan atas kesehatan mereka.

Bahkan, menurut Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, hal tersebut kini tengah dalam pembahasan secara intens antara pemerintah dengan pihak DPRD. Dengan diberikannya fasilitas BPJS Kesehatan gratis, ia ingin agar masyarakat tidak lagi kebingungan ketika kondisi sakit serta butuh penanganan cepat atau bahkan merasa keberatan dalam membayar setoran bulanan.

“Kita masih terus bicarakan wacana ini dengan DPRD. Semoga segera disetujui. Namun, nanti mekanisme pelaksanaannya sendiri harus ditata sedemikian rupa karena kita sebelumnya juga telah memiliki fasilitas penjamin kesehatan daerah yang bernama Jaminan Kesehatan Temanggung atau JKT,” jelasnya, Selasa (23/5).

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Magelang, Surmiyati, membeberkan, konsep pemberian fasilitas BPJS Kesehatan gratis oleh pemerintah daerah seperti itu merupakan terobosan pertama dan satu-satunya di Provinsi Jawa Tengah.

“Kalau di Indonesia konsep seperti ini sudah ada. Salah satunya di Provinsi Aceh,” imbuhnya.

Sebagai upaya mendukung langkah Pemkab Temanggung tersebut, saat ini pihaknya tengah menyisir desa-desa di seluruh kecamatan guna melakukan pendataan terhadap siapa saja yang menjadi pekerja perusahaan maupun yang masih masuk dalam kategori warga tidak mampu.

Ia menambahkan, di tengah masih lesunya animo warga untuk ikut dalam program BPJS Kesehatan Mandiri, berbagai upaya terus dilakukan. Salah satunya mempermudah akses pelayanan dengan membuka dropbox di seluru kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Secara rinci, untuk jenis BPJS Kesehatan Mandiri, iuran pokok yang wajib dibayarkan setiap bulannya adalah Kelas I sebesar Rp 80.000/jiwa/orang, Kelas II Rp 50.000/jiwa/orang, dan Kelas III sebesar Rp 25.500/jiwa/orang.

“Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) termasuk di dalamnya adalah layanan BPJS Kesehatan diselenggarakan oleh pemerintah secara komprehensif. Kalau memang program pemberian BPJS Kesehatan gratis mulai diberlakukan, Pemkab Temanggung harus menanggung iuran sebesar Rp 23.000 per jiwa per orang,” pungkasnya.

sumber : merdeka.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Ritual Sadran 1.000 Ketupat Desa Ngemplak Lestarikan Budaya dan Kembangkan Potensi Wisata Temanggung

Warga Desa Ngemplak Kecamatan Kandangan ...

©2017 Made With Love in Temanggung