Home / Berita / Olah Pisang dengan Modal Rp 300.000, Kini Sri Raup Omzet Rp 500 Juta

Olah Pisang dengan Modal Rp 300.000, Kini Sri Raup Omzet Rp 500 Juta

Usaha warga untuk keluar dari zona kemiskinan dilakukan dengan cara berwirausaha. Salah satu yang berhasil itu ialah usaha mikro kecil menengah (UMKM) Pisang Aroma milik Sri Mulyati, di Dusun Sarangan, Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung.

Ya, Pisang Aroma nama produknya. Sri memanfaatkan pohon pisangyang bertebaran di wilayah itu untuk dijadikan produk olahan makanan. Lambat laun, usaha membesar dan produk dari desa itu membanjiri pusat oleh-oleh di Yogyakarta.

Sri ingat betul bagaimana dia mengawali usahanya secara susah payah di tahun 2001. Sebelum memutuskan untuk berusaha, dia mengawali dengan berjualan secara berkeliling dari rumah ke rumah. Kegiatan itu dilakoninya selama beberapa tahun hingga akhirnya memutuskan berhenti.

loading...

Dengan modal pengalaman itu, Sri memutuskan untuk berwirausaha sendiri. Modal awalnya kala itu hanya Rp 300.000. Sri memantapkan usaha bisnisnya membuat produk olahan pisang. “Pisang ini selain banyak disini, juga karena ada sepanjang tahun. Pisang tidak ada paceklik,” ujar Sri, di kediamannya, Sabtu (18/11/2017).

Pisang pun dipilih sebagai produk bisnisnya. Dalam perkembangannya, dia mencoba beragam macam buah pisang. Namun setelah dicoba hanya ada dua varietas pisang yang cocok digunakan, yaitu pisang raja nangka dan pisang belitung.

Selain dipasok dari daerah sekitar, pisang jenis itu juga ramai di pasar lokal. Bahan baku produknya

selengkapnya baca di –> ekonomi.kompas.com

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Ganjar Angkat 1000 Kuda Lumping jadi Event Wisata Dahsyat

Pada era gubernur terdahulu, kuda ...

©2017 Made With Love in Temanggung