Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Agung Temanggung, Jawa Tengah, menyiapkan tiga mobil tangki air bersih untuk mengantisipasi pasokan air macet di suatu wilayah saat perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah mendatang. “Kami menyiapkan tiga mobil tangki air bersih untuk mendistribusikan air bersih ke pelanggan PDAM yang mengalami kesulitan air, jangan sampai saat Lebaran pelanggan kekurangan air bersih,” kata Direktur PDAM Tirta Agung, Edi Sucahyo di Temanggung, Rabu. Menurut dia jika suatu wilayah jaringan air macet, pihaknya siap mendistribusikan air bersih dengan mobil tangki kepada para pelanggan secara gratis.

tangki-pdam-isi-air_

Ia menuturkan kebutuhan air saat Lebaran mengalami kenaikan yang cukup signifikan, bisa meningkat antara dua hingga tiga kali dari hari biasa. “Jumlah keluarga pasti akan bertambah, karena banyak warga Temanggung di perantauan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran,” katanya. Bahkan, menjelang salat Idul Fitri kebutuhan air mencapai puncak, karena pada saat bersamaan umat Islam yang akan menjalankan salat Idul Fitri pasti mandi. “Kondisi seperti ini yang sering menyebabkan masalah, kalau untuk warga kota mungkin tidak begitu terasa, tapi bagi pelanggan yang berada di daerah pinggiran akan terasa sekali dampaknya,” katanya.

Ia mengatakan agar pelanggan tidak kekurangan air pada jam­jam sibuk, sebaiknya pada malam harinya menampung air dengan menggunakan peralatan yang ada. Ia menuturkan PDAM Tirta Agung dalam melayani kebutuhan air pelanggan memanfaatkan 25 mata air. “Hingga saat ini kondisi mata air masih normal, belum menunjukan adanya perubahan debit air,” katanya. Guna memastikan kebutuhan air bersih pelanggan selama bulan puasa hingga Lebaran terpenuhi dengan lancar, katanya PDAM akan menerjunkan tim khusus untuk melakukan pengecekan pipa jaringan PDAM.

“Jangan sampai saat kebutuhan pelanggan meningkat justru terganggu jaringan pipa yang bocor atau gangguan lainnya,” katanya.

sumber : warta.co

Comments

comments