Home / Berita / Peluang Usaha Toko Grosir Sembako Yang Patut Di Coba

Peluang Usaha Toko Grosir Sembako Yang Patut Di Coba

Kendati hanya memiliki modal pas-pasan, semua orang tetap bisa merintis usaha di bidang apa pun.  Salah satu peluang usaha 2017 yang cukup potensial adalah membuka usaha toko grosir sembako. Mengapa sembako merupakan bidang yang potensial? Dari namanya saja tentu dapat dipahami bahwa sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan pokok manusia. Dengan demikian sudah pasti tak akan pernah surut pembeli.

Potensi keuntungan usaha grosir sembako cukup besar atau berlipat-lipat,  hal ini dapat terjadi dengan menyiasati penentuan harga jual barang.  Selisih harga yang sedikit pun bisa berkembang menjadi margin laba yang besar, walau hanya Rp 100 pun. Ini karena nilai tersebut dikali dengan jumlah barang yang banyak atau grosiran. Jadi selisih harga dari perdagangan secara grosir ini tak bisa diremehkan.

Namun demikian penetapan harga ini agak tricky, karena jika ternyata harga yang Anda tawarkan ternyata lebih mahal Rp 100 saja jika dibandingkan dengan toko lain,  maka tak segan pelanggan beralih ke toko lain. Jadi ketika akan menentukan harga jual,  sebaiknya lakukan survey harga terlebjh dahulu dengan toko sekitar.  Lain halnya jika toko Anda merupakan satu-satunya toko di wilayah tersebut dan toko lain jauh,  maka pelanggan pun tak memiliki pilihan lain.

Tetapi bila memang banyak toko grosir sembako di sekitar Anda,  maka sebaiknya memberikan harga grosir yang bersaing agar orang memilih berbelanja di toko Anda.  Komponen lain yang tak kalah pentingnya selain harga adalah keramahan dalam menjual, pelayanan,  kebersihan,  kemasan dan faktor-faktor penting lainnya.

Kebersihan dan kerapian merupakan hal yang penting agar pelanggan merasa nyaman saat berbelanja. Toko yang berantakan atau pun kotor tentu akan membuat pelanggan enggan berkunjung dan memilih toko lain yang lebih bersih jika memang harga yang ditawarkan sama.

Tips Raup Laba Berlipat

Seperti telah disinggung sebelumnya, toko grosir menjual barang dalam jumlah besar.  Sehingga ada kiat khusus yang perlu dipertimbangkan.

Harga dan Jenis Barang

Penetapan harga barang tak bisa disamakan begitu saja. Sembako yang dikemas secara kardusan tentu tak bisa disamakan penetapan labanya dengan barang eceran seperti kecap. Maka dari itu perlu perumusan dalam menetapkan harga.

Misalnya pada barang yang laris maka persentase laba bisa ditentukan sebesar 10%. Sementara barang yang agak lama lakunya justru persentase laba dinaikkan menjadi 20% sampai 25%. Dengan demikian harga barang pada toko grosir Anda tidak terkesan mahal.

Mencari Distributor

Anda tak bisa menetapkan margin laba yang besar pada harga barang dagangan berupa sembako.  Oleh karena itu sebaiknya mencari distributor langsung atau tanpa perantara. Sehingga selisih harga tidak naik terlalu tinggi karena sudah meleeatti beberapa tangan. Jadi harga jual Anda pun bersaing dengan pedagang grosiran lainnya. Akan lebih menguntungkan lagi jika Anda bisa mendapatkan barang dari produsen langsung atau pun titipan dari pengusaha tertentu. Bila menjual barang titipan maka modal yang disiapkan pun tidak perlu terlalu besar.

Menjual Barang yang Diminati Banyak Pembeli

Ini adalah hal yang paling penting.  Kendati sama-sama barang kebutuhan pokok,  merk barang yang tak dikenal atau pun tak disukai pembeli akan susah laku. Oleh karena itu sebaiknya jual atau stoklah barang yang banyak dicari pembeli sehingga perputaran barang cepat.

Barang-barang kebutuhan pokok yang perputarannya cukup cepat antara lain adalah beras,  garam,  gula,  minuman,  gas tabung, perlengkapan dapur,  sabun cuci,  perlangkapan mandi dan lain-lain. Barang tersebut selalu dibutuhkan oleh orang,  jadi jangan khawatir tidak laku.  Asal jangan menjual barang dengan merk aneh yang belum dipercaya orang.

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Merk Mobil SUV Terbaik dan Terjangkau Harganya

Memiliki mobil SUV di zaman ...

©2017 Made With Love in Temanggung