Home / Berita / Pemkab Temanggung Dirikan “Real Market” Kopi di Tiga Negara

Pemkab Temanggung Dirikan “Real Market” Kopi di Tiga Negara

Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendirikan “real market” di Jerman, Malaysia, dan Jakarta pada 2017 untuk memasarkan produk kopi arabika dan robusta Temanggung yang telah dipatenkan.

real-market-kopi

Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi, di Temanggung, Jumat, mengatakan selain memasarkan produk kopi, real market juga berfungsi untuk memasarkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lain, seperti produk makanan khas Temanggung.

Ia mengatakan hal tersebut usai membuka Festival Kopi Temanggung 2016 di Gedung Pemuda Temanggung.

“Konsepnya nanti seperti toko untuk memasarkan produk UMKM Temanggung. Rencana ini sudah dianggarkan pada APBD 2017 sehingga harus terealisasi pada tahun tersebut,” katanya.

Ia menuturkan jika nanti real market di tiga lokasi tersebut berhasil, maka akan membuat real market di Singapura, Korea Selatan, dan negara-negara di Asia lainnya.

“Melalui real market ini, kami ingin produk kopi Temanggung lebih mendunia. Apalagi kopi arabika dan kopi robusta Temanggung telah dipatenkan,” katanya.

Ia mengatakan guna memenuhi permintaan kopi yang terus meningkat, Pemkab Temanggung telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menghijaukan lahan Perhutani di lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prahu dengan tanaman kopi.

“Sekarang penanaman kopi di lahan Perhutani tersebut sudah berlangsung yang dikelola oleh lembaga masyarakat desa hutan, namun belum maksimal,” katanya.

Pengelola Rumah Kopi Temanggung, Denden S. mengaku sudah menjual kopi ekselsa ke Jepang, kopi arabika Sindoro dijual di sebuah pameran di Jerman. Tahun depan mulai ekspor ke Jerman dan India untuk jenis kopi arabika Sindoro.

“Pengusaha dari Jerman dan India sudah minta satu kontainer green bean berisi 18 ton arabika Sindoro per bulan. Tetapi kami masih kekurangan bahan baku,” katanya.

sumber : antarajateng.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Pemkab Temanggung: Jangan Percaya Makelar CPNS!

Pemerintah Kabupaten Temanggung mengingatkan pada ...

©2017 Made With Love in Temanggung