Home / Berita / Pengambilan Air Suci di Temanggung Awali Ritual Waisak 2017

Pengambilan Air Suci di Temanggung Awali Ritual Waisak 2017

Umat Buddha melakukan pengambilan air suci dalam rangkaian perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2561 BE/2017 di Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Senin (8/5/2017). Berbeda dari tahun sebelumnya, pengambilan air suci kali ini tidak dibarengi dengan pengambilan api abadi.

Sebelum disemayamkan di kompleks Candi Mendut, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, sejumlah sangha lebih dulu melakukan puja bakti untuk mensakralkan air tersebut.

Beberapa sangha dan majelis yang ikut dalam puja bakti air berkah Waisak, diantaranya Sangha Teravada, Mahayana, Tantrayana, Madhatantri, Mahanikaya, Majelis Tridharma, Kasogatan, dan Majelis Mapanbumi.

loading...

Usai puja bakti, perwakilan masing-masing sangha dan majelis melakukan pengisian air berkah ke dalam sejumlah kendi. Dilanjutkan pengisian air berkah sebanyak 12 ribu botol. Air suci kemudian dibawa ke Candi Mendut, tiba sekitar pukul 15.30 WIB. Dilanjutkan dengan pembacaan doa dan parita suci.

Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Hartati Murdaya, mengatakan perayaan Tri Suci Waisak tahun ini memiliki pengharapan tersendiri. Yaitu memohon berkah keselamatan bagi seluruh warga Indonesia agar terhindar dari

baca selengkapnya –> detik.com

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Ganjar Angkat 1000 Kuda Lumping jadi Event Wisata Dahsyat

Pada era gubernur terdahulu, kuda ...

©2017 Made With Love in Temanggung