Home / Berita / Petani Nikmati Harga Cabai

Petani Nikmati Harga Cabai

Petani di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro Kabupaten Temanggung menikmati tingginya harga cabai dalam dua minggu terakhir. Petani berharap harga cabai dapat meningkat lagi atau setidaknya bertahan sehingga dapat menutup biaya produksi dan meningkatkan kesejahteraan.

osy16cabai1

Petani asal Parakan Wetan Parakan Wahyudi (47) Minggu (16/10/2016) mengatakan dalam dua minggu terakhir terdapat kenaikkan harga cabai. Petani menyambutnya dengan antusias, pasalnya memang terdapat kenaikkan biaya produksi akibat serangan berbagai organisme penyakit tanaman (OPT) yang memaksa mengeluarkan biaya tambahan untuk penanganan. “Pendapatan hasil panen cabai untuk menutup biaya tambahan, setelah itu diharapkan berpengaruh meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

loading...

Dia memprediksi tingginya harga cabai ini akan berlangsung hingga dua bulan ke depan atau setidaknya awal tahun depan. Petani dituntut dapat memelihara kualitas dan kontinuitas dengan memelihara tanaman dari berbagai serangan OPT. Namun hal itu sulit dilakukan mengingat cuaca memang kurang mendukung.

Sementara pedagang cabe di Pasar Kliwon Temanggung, Wasilah (50) mengungkapkan, saat ini harga cabe merah keriting menembus Rp 45 ribu per kilogram. Sedangkan cabai hijau keriting Rp 12 ribu per kilogram, cabai rawit Rp 20 ribu per kilogram, dan sret putih Rp 10 ribu per kilogram.

sumber : krjogja.com

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Ganjar Angkat 1000 Kuda Lumping jadi Event Wisata Dahsyat

Pada era gubernur terdahulu, kuda ...

©2017 Made With Love in Temanggung