Home / Berita / Polres Temanggung Amankan Peracik Dan Pembuat Petasan

Polres Temanggung Amankan Peracik Dan Pembuat Petasan

Peredaran 720 buah petasan di sekitar Taman Bambu Runcing, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung berhasil digagalkan aparat Polres Temanggung, Jawa Tengah.

Wakil Kepala Polres Temanggung, Kompol Purwoko menjelaskan, ratusan petasan itu disita dari seorang warga bernama Muhammad Albadari (24), warga Dusun Dangkel, Desa Dangkel, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.

Penangkapan tersangka berdasarkan laporan masyarakat yang resah dengan aktivitasnya. Setelah melalui penyelidikan, polisi mengamankan tersangka, Senin (21/5/2018) malam.

“Tersangka sering meracik dan membuat petasan, lalu dijual dengan ukuran bervariatif,” jelas Purwoko.

Saat ditangkap, polisi mendapati sejumlah barang bukti petasan siap dijual. Polisi juga menggeladah rumahnya dan ditemukan sejumlah barang bukti seperti obat/bubuk peledak (mesiu) sebanyak 1 kilogram, 10 lembar kertas sumbu, selongsong, dan lainnya.

“Selain menjual, tersangka juga membuat petasan, karena ditemukan bahan-bahan dan peralatan pembuan petasan seperti kayu pelubang sumbu, bubuk mesiu dan lainnya,” jelasnya.

Tersangka Muhammad Albadari mengaku, petasan renteng siap edar dan obat petasan dibeli oleh seseorang di wilayah Parakan. Ia menjual petasan itu melalui aplikasi percakapan WhatsApp (WA) dan Facebook.

Tersangka saat ini ditahan di Polres Temanggung untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Untuk mempertanggungjawabkan pebuatannya, tersangka dijerat pasal 1 ayat (1) UU Darurat No 12 Tahun 1951 tentang Bahan Peledak, yakni menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya atau mempunyai dalam miliknya menyimpan suatu bahan peledak.

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung
x

Check Also

Malam Hari, Luna Maya Kunjungi Kolam Tempat Meditasi Suzzanna

Selain mengunjungi rumah dan juga ...

©2017 Made With Love in Temanggung