Home / Berita / Potensi Budidaya dan Pelestarian CEMANI, “Si Hitam” dari Temanggung

Potensi Budidaya dan Pelestarian CEMANI, “Si Hitam” dari Temanggung

Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia yang asal-muasal sejarahnya berasal dari kisah Ki Ageng Makukuhan di Pulau Jawa khususnya di Karesidenan Kedu. Kata “Cemani” berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya “hitam legam”, warna hitam ini menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata, rongga mulut, lidah, bulu, sayap, ketiak, lubang dubur, kaki, hingga cakar.

foto : brilio.net

Ayam Cemani banyak dibudidayakan di kawasan Kedu Temanggung Jawa Tengah. Ayam Jenis ini banyak dicari oleh masyarakat sebagai ayam peliharaan (hias), hingga untuk sesaji dalam acara adat.  Peminat ayam Cemani tidak hanya dari dalam negeri, namun juga banyak dari luar negeri seperti Thailand, Vietnam, Myanmar, India, Bangladesh, hingga Amerika Serikat. Bahkan di negeri paman sam tersebut, ayam Cemani memiliki julukan khusus yaitu “Lamborghini Chicken” karena memiliki harga yang sangat mahal (dilansir dari Phoenix New Times). Harga ayam Cemani dapat dikatakan cukup mahal yaitu hingga puluhan juta per ekor.

Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa ayam Cemani ini adalah ayam klenik(ayam ritual) sehingga tidak banyak yang berani mengembangkan ayam jenis ini. Namun faktanya, di daerah Temanggung terdapat beberapa peternak yang khusus membudidayakan ayam Cemani. Salah satu peternak ayam Cemani yang sukses di Kecamatan kedu adalah Bapak Nur Faizin sudah memulai mengembangkan dan membudidayakan ayam Cemani (ayam Kedu) sejak tahun 1990-an hingga sekarang memiliki ratusan ekor ayam Kedu (khususnya Cemani) dan ayam lokal lainnya.

loading...

Potensi Budidaya dan Pelestarian Plasma Nutfah

Mengingat harga jual yang cukup mahal, potensi untuk pengembangan ayam Cemani dinilai sangat menjanjikan. Konsep pemeliharaan ayam Cemani tidak berbeda dengan pemeliharaan ayam kampung lainnya, namun demikian ayam Cemani tidak bisa dipemihara dengan seadanya atau ala kadarnya. Untuk mendapatkan hasil unggul, pemelihara harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang pakan, kandang, bibitan, hingga

baca selengkapnya di –> kanalindonesia.com

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Ganjar Angkat 1000 Kuda Lumping jadi Event Wisata Dahsyat

Pada era gubernur terdahulu, kuda ...

©2017 Made With Love in Temanggung