Home / Berita / Potensi Pengembangan Mina Padi di Temanggung Besar

Potensi Pengembangan Mina Padi di Temanggung Besar

Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mendorong para petani mengembangkan budi daya ikan dengan sistem minapadi karena lahan masih terbuka luas.

“Selain budi daya ikan di kolam, kami juga mendorong masyarakat mengembangkan minapadi di lahan sawah karena potensinya besar sekali,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung M. Hadi di Temanggung, Selasa (31/1/2017).

Mina Padi

Ia menyebutkan potensi pengembangan minapadi di Temanggung seluas 19.883 hektare dan baru dimanfaatkan sekitar 3.319 hektare.

Menurut dia lahan sawah bisa dimanfaatkan untuk tiga cara budi daya ikan, yakni penyelang dilakukan saat semai, kemudian minapadi atau tumpangsari antara ikan dengan tanaman padi, dan budi daya ikan di sawah setelah panen.

“Melalui tiga cara tersebut maka dapat memberikan nilai tambah lebih besar pada petani sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya,” katanya.

Ia menuturkan keuntungan dengan sistem tersebut, pendapatan dari hasil ikan bisa mencapai dua hingga tiga kali hasil padi.

Ia menyebutkan jenis ikan yang cocok dibudidayakan dengan sistem minapadi di Temanggung, antara lain ikan mas, lele, dan nila.

Ia mengatakan Kabupaten Temanggung tengah mengembangkan kawasan minapolitan di 10 kecamatan, yakni di Kecamatan Wonoboyo, Candiroto, Ngadirejo, Parakan, Temanggung, Tlogomulyo, Tembarak, Selopampang, Kedu, dan Bulu.

Selain ketersediaan lahan di wilayah Kabupaten Temanggung, katanya juga ada ketersediaan sumber daya air yang berlimpah, yakni ada sebanyak 400 buah mata air, sungai 1.426 hektare, dan cekdam 13 hektare. Hal ini ditopang pula dengan ketersediaan sumber daya manusia yang minat dibidang perikanan sebagai pelaku pembudidaya dengan jumlah 31.480 orang.

sumber : bisnis.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Kebakaran di Gunung Sumbing Meluas, BPBD Datangkan Helikopter Kamov

Sudah lebih dari sepekan, kabakaran ...

©2017 Made With Love in Temanggung