Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran untuk perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2016 Rp700 juta.

CPNS-2016

“Kami memang sudah menyiapkan anggaran untuk perekrutan CPNS dan sudah ditetapkan dalam APBD,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Temanggung, Djafar Umar di Temanggung, Kamis (11/2/2016).

Ia mengatakan berdasarkan informasi saat rapat koordinasi di Batam beberapa waktu lalu tahun ini bakal ada perekrutan CPNS.

“Pada rakor di Batam sudah sampai pada tahapan membuat soal sehingga hampir pasti ada perekrutan CPNS tersebut,” katanya.

Ia menuturkan waktu itu diinformasikan bahwa perekrutan CPNS bakal berlangsung bulan Maret 2016, namun hingga Februari ini belum ada pengumuman tentang hal tersebut.

Menurut dia hampir semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Temanggung kekurangan pegawai.

Ia menyebutkan kekurangan paling banyak terutama untuk guru SD. Rata-rata setiap SD saat ini hanya memiliki empat guru dari kebutuhan ideal sembilan guru.

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD kabupaten Temanggung, Kuspriyanto mengatakan kebutuhan guru SD sebanyak 3.878 guru dan tenaga guru yang tersedia saat ini sebanyak 2.404 guru sehingga ada kekurangan 1.474 guru.

Kemudian untuk guru SMP kekurangan 119 guru, SMA kurang 36 guru, dan SMK kurang 71 guru. Selain guru, pengawas SMK kurang satu orang, pengawas SMP kurang dua orang, pengawas TK kurang 12 orang, dan pamong belajar kurang dua orang.

Ia menuturkan untuk pegawai pada fasilitas layanan kesehatan kurang 288 orang dan kebutuhan staf di semua instansi kurang 795 orang.

“Angka tersebut merupakan data lama, sekarang proses validasi karena jumlah pensiun terus bertambah,” katanya.

sumber

Comments

comments