Antusiasme warga untuk berkunjung di Embung Abimanyu, Desa Ngropoh, Kranggan, Temanggung, Jawa Tengah pada Sabtu (24/3/2018) nampak sekali terlihat. Tujuan pengunjung disamping menikmati keindahan panorama Embung Abimanyu, juga yang tak kalah memikat adalah acara festival Durian Ngropoh yang disajikan oleh panitia.

Durian Ngropoh adalah nama durian khas desa Ngropoh atau dikenal dengan nama Duren Ngropoh. Nama durian Ngropoh diambil dari nama desa tempat durian ini tumbuh yakni desa Ngropoh. Durian Ngropoh telah lama dikenal rasanya manis, pulen, tebal dagingnya, harum dan rasanya agak pahit. Rasa durian Ngropoh yang manis- manis pahit dengan dagingnya tebal menjadi ciri khas duren Ngropoh.

Dimulainya Festival Durian serta bazar Durian yang rencananya digelar selama 2 hari dari hari Sabtu-Minggu (24-25/3/2018) tersebut ditandai prosesi kirab dua gunungan yang berisi buah durian dan hasil pertanian yang ada di Desa Ngropoh selanjutnya diperebutkan pengunjung.

Selanjutnya para pengunjung dapat menikmati berbagai macam buah durian yang disajikan oleh panitia yang terdiri dari para petani durian di tenda-tenda sekitar pinggiran Embung.

Hanya dengan membayar Rp 50.000, para pengunjung diberi kebebasan untuk menikmati durian sepuasnya dalam waktu 30 menit. Disamping menikmati durian, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Temanggung yang dibazarkan di bagian lain pinggir embung.

Pj Bupati Temanggung Suryanto dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Durian Ngropoh memang beda dengan durian lainya. Ia berharap agar festival dan bazar durian tersebut tak hanya menjadi festival tahunan semata akan tetapi juga menjadi motivasi seluruh rakyat Temanggung dalan memanfaatkan potensi yang ada di wilayahnya.

Kuliner jajanan khas Temanggung juga disajikan dalam festival

“Saya optimis bahwa Durian Ngropoh ini akan menjadi ikon keberhasilan petani durian di temanggung bahkan di Indonesia,” ujar Suryanto.

 

baca selengkapnya indeksberita.com

Comments

comments