Home / Berita / Ribuan Warga Temanggung Saksikan Karnaval

Ribuan Warga Temanggung Saksikan Karnaval

Ribuan warga di Kabupaten Temanggung memadati hampir setiap ruas jalan di perkotaan. Dari pagi mereka telah siap untuk menyaksikan karnaval atau pawai mobil hias yang diselenggarakan Pemkab Temanggung, dalam rangka memperingati HUTKe-71 Kemerdekaan RI. Ketua panitia penyelanggara, Woro Andijani mengatakan, pawai ini diikuti setidaknya 80 mobil hias, drumband, sepeda motor, paskibraka dan lain-lain.

Paskibra

poto : instagram.com/andi_alzena

Pesertanya berasal dari berbagai dinas instansi pemerintahan, perbankan, perusahaan swasta serta sejumlah sekolah. “Dari 80 mobil pawai, 52 di antaranya mendapat sokongan bantuan dana bersumber dari APBD, sisanya menggunakan dana sendiri. Dibuat mobil hias tentunya agar menarik penonton, untuk mencermati setiap peserta dengan program atau prestasinya,” ujar Woro, Kamis (18/8).

Untuk menstimulus peserta agar bersungguh-sungguh dalam menghias kendaraan, maka setiap hiasan itu kemudian dilombakan. Satu per satu peserta akan mendapat penilaian dari tim juri guna memperbutkan piala tetap dan bergilir. Bupati Bambang Sukarno menuturkan, pawai ini untuk memberi hiburan kepada masyarakat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Lewat karnaval pemerintah daerah bisa memperkenalkan setiap instansi yang ada berikut berbagai tugas sampai raihan prestasinya. Selain itu untuk mengenalkan potensi Temanggung, seperti tembakau, kopi, serta berbagai seni budaya dan objek wisata.

Kostum Menarik

“Pawai ini hadiah bagi masyarakat Temanggung yang baru saja merayakan HUT RI- ke- 71 sehari sebelumnya. Saya punya angan-angan agar pawai seperti ini dapat terus berlansung secara meriah agar dapat menarik antusiasme wisatawan luar daerah,” katanya.

Menurut pengamatan wartawan Suara Merdeka, para peserta menampilkan kostum dan hiasan unik. Seperti dari Bansari dengan ornamen tembakaunya, dari Kecamatan Kandangan mengenalkan kopi, Inspektorat membawa tikus raksasa tengah mengigit uang Rp 100 ribu yang diibaratkan sebagai perilaku koruptor.

BPBD membuat replika helikopter penyelamat warga dalam evakuasi bencana. Kodim 0706/Temanggung tampil kreatif dengan membuat miniatur kendaraan lapis baja, serta Pangeran Diponegoro dengan kuda putihnya, sebagai pengejawantahan bagian dari Kodam IV/Diponegoro.

Rombongan Polres Temanggung menampilkan kreasi polisi dari masa ke masa. Pertama sebuah patroli polisi zaman kuno menggunakan sepeda ontel, lalu patroli bermotor sebagai polisi saat ini, dan terakhir polisi masa depan ala film starwars dengan peralatan dan kendaraan canggih. (K41-28)

sumber : suaramerdeka.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Aufa Berhasil Sabet Medali Emas dalam Olimpiade Matematika Internasional

Muhammad Fikri Aufa siswa kelas ...

©2017 Made With Love in Temanggung