Home / Berita / RSUD TEMANGGUNG DILENGKAPI MAMOGRAFI

RSUD TEMANGGUNG DILENGKAPI MAMOGRAFI

Bupati Temanggung Bambang Sukarno, meresmikan pemakaian fasilitas mamografi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Temanggung, Selasa (1/11/2016). Alat pendeteksi kanker payudara seharga Rp 2,5 miliar tersebut merupakan bantuan dari gubernur jateng dan bagi masyarakat pemegang BPJS gratis untuk mendapatkan pelayanan.

mamografi

Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno mengatakan keberadaan mamografi harus dimanfaatkan semaksimal dan seoptimal mungkin oleh masyarakat terutama kaum wanita untuk mendeteksi kanker payudara. ” Kanker payudara bisa dideteksi dan diobati, jangan sampai telat sebab berbahaya,” katanya.

Dia mengatakan pemeriksaan kanker panyudara di RSUD menggunakan mamografi gratis sebab telah ada kerjasama dengan BPJS. Syaratnya ada rujukan dari puskesmas. Bila terdeteksi RSUD telah mempunyai fasilitas untuk operasi dan kemoterapi.

Dia mengemukakan setelah peresmian tersebut, pihak rumah sakit bekerjasama dengan puskesmas dan bidan serta kader kesehatan untuk gencarkan sosialisasi pentingnya pemeriksaan kesehatan payudara dan alat reproduksi. ” Alat telah ada dan gratis. Jangan ada alasan wanita di Temanggung tidak periksa,” katanya.

Direktur RSUD Temanggung dr Artiono MKes mengatakan mamografi di RSUD Temanggung merupakan yang pertama di ekskaresidenan Kedu. Warga dipersilahkan periksa kesehatan payudara dan gratis bagi peserta BPJS.

Untuk layanan umum, katanya, tarifnya sekitar Rp 450 ribu, warga luar kabupaten dapat pula periksa dengan catatan ada surat rujukan. ” Dalam pemeriksaan itu tiap pasien sekitar 10 menit, jadi perhari dapat melayani lebih dari 30 orang,” katanya. (Osy)

sumber : krjogja.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Ritual Sadran 1.000 Ketupat Desa Ngemplak Lestarikan Budaya dan Kembangkan Potensi Wisata Temanggung

Warga Desa Ngemplak Kecamatan Kandangan ...

©2017 Made With Love in Temanggung