Home / Berita / Seribu tumpeng di Desa Ngropoh Temanggung sambut 1 Muharam

Seribu tumpeng di Desa Ngropoh Temanggung sambut 1 Muharam

Menyambut datangnya 1 Muharam 1439 Hijriah atau Tahun Baru Islam, ribuan warga dari 12 dusun di Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung menggelar ritual bernama “Grebek Sewu Tumpeng” pada Kamis (21/9).

Uniknya, dalam tradisi tersebut setiap keluarga membawa sebuah nasi tumpeng lengkap beserta lauk pauknya dari rumah masing-masing. Mereka kemudian berkumpul di Balai Desa Ngropoh sebelum menggelar kirab dengan berjalan kaki menuju Lapangan Gumuk Sembung.

Tak hanya tumpeng dengan ukuran kecil, tampak pula sejumlah tumpeng berukuran besar yang diletakkan di atas panggung. Tumpeng-tumpeng tersebut lantas didoakan oleh tokoh agama Islam sebelum dimakan secara bersama-sama oleh para perangkat desa beserta warga dengan cara duduk saling berhadapan.

Kepala Desa Ngropoh, Haryono mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan kebersamaan antara warga dapat terjalin dengan lebih erat. Tak hanya itu saja, momentum tahunan ini juga diharapkan mampu mendukung keberadaan Desa Ngropoh sebagai salah satu desa wisata unggulan daerah.

“Setiap menyambut 1 Muharam biasanya warga kami menggelar selamatan sendiri-sendiri. Namun dalam beberapa tahun terakhir kegiatan serupa digelar secara bersama-sama oleh penduduk satu desa di lapangan ini,” jelasnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan bahwa sebenarnya daya tarik wisata yang ada di Desa Ngropoh jumlahnya cukup banyak. Di antaranya keberadaan arca, yoni, makam, embung, curug, kuliner duren dan lain sebagainya.

loading...

Namun demikian, belum semua potensi yang ada dapat tergarap dengan baik karena sejauh ini masih terkendala oleh Sumber Daya Manusia (SDM) serta kurangnya dukungan finansial.

“Butuh kerjasama antar berbagai pihak, termasuk warga agar beragam potensi yang ada mampu menyedot animo lebih banyak lagi pengunjung,” tukasnya.

Salah seorang panitia acara, Waluyo menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh

baca selengkapnya jateng.merdeka.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Pasar murah, warga padati Masjid Al Hakim Temanggung

 Ratusan warga memadati Pasar Murah ...

©2017 Made With Love in Temanggung