Home / Berita / Temanggung Bebas dari Vaksin Palsu

Temanggung Bebas dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memastikan di daerah tersebut bebas vaksin palsu yang ditemukan di beberapa daerah akhir-akhir ini.
pemilik-vaksin-palsu-di-bekasi-ditangkap-usai-pulang-tarawih
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Supardjo di Temanggung, Selasa, mengatakan pihaknya berani memastikan hal tersebut karena selama ini dokter praktik dan klinik kesehatan di daerah ini mengambil vaksin dari Dinkes.

“Saya yakin vaksin yang disuntikkan asli dan bersertifikat atau sesuai standar dari pemerintah,” katanya.

Menurut dia Dinkes Kabupaten Temanggung mendapat vaksin langsung dari pemerintah pusat yang dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI.

“Vaksin dari pemerintah ini dijamin asli. Setiba di Dinkes Temanggung kembali diperiksa sebelum disimpan di gudang dan didistribusikan ke puskesmas,” katanya.

Ia menuturkan dokter praktik dan layanan kesehatan dapat mengambil vaksin di Dinkes secara gratis, sedangkan tarif saat penyuntikan pada pasien terserah dokter masing-masing dan biasanya telah diatur oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setempat.

“Dokter dan layanan kesehatan tentu memilih mengambil di dinkes yang gratis dari pada membeli, harganya mahal,” katanya.

Penggunaan vaksin pada dokter praktik swasta, katanya selama ini mengambil dari dinkes berarti asli, tetapi jika membeli sendiri bisa asli dan bisa pula palsu. Namun, pihaknya tidak mau berspekulasi dan meminta dokter untuk memperolehnya di dinkes.

Direktur RSUD Temanggung, Artiono mengatakan telah melakukan pengecekan pada vaksin yang ada, dan dipastikan asli. Selama ini vaksin didapat dari dinkes yang telah terjamin keasliannya.

“Kami telah cek, vaksin dipastikan asli. Masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya.

sumber : Heru Suyitno/ antarajateng.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Aufa Berhasil Sabet Medali Emas dalam Olimpiade Matematika Internasional

Muhammad Fikri Aufa siswa kelas ...

©2017 Made With Love in Temanggung