Home / Berita / Temanggung Segera Punya Bandara

Temanggung Segera Punya Bandara

BANDARA perintis saat ini tengah dipersiapkan untuk dibangun di lahan kritis, wilayah Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Bandara itu diharapkan akan memudahkan akses transportasi dari Temanggung ke daerah lain.

bandara-melalan-kubar

ilustrasi

Camat Kaloran, Supriyanto, mengatakan bandara perintis itu dibangun oleh investor swasta asal Temanggung bernama Andi Setiawan. Saat ini Andi berdomisili di Semarang.

“Kemarin proposalnya sudah ada di meja saya dan sudah dibahas dengan Pemda Temanggung. Pihak investor juga sudah melakukan pembebasan lahan,” ungkap Supriyanto, kemarin.

Sedianya, bandara perintis tersebut dibangun di lahan se­luas 4,1 hektare yang berada di Desa Kemiri dan Desa Kaloran. Proses pembangunan sudah memasuki tahap pera­taan la­han. Landasan pacunya berukuran 500 x 20 meter.

“Memang ukurannya kecil, jadi statusnya juga masih di bawah ukuran normal bandara perintis. Paling pesawat kecil yang mengangkut beberapa penumpang,” jelasnya.

loading...

Menurut Supriyanto, sebelumnya areal seluas 4,1 hektare tersebut merupakan lahan kritis. Supriyanto berharap agar pembangunan perintis tersebut segera teralisasi.

Pada bagian lain, Pemkab Wonogiri menyediakan anggaran Rp5 miliar untuk dipergunakan menarik air sumber Seropan di Kabupaten Gunung­kidul. Air tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh sejumlah desa di Kecamatan Pracimantoro yang dilanda krisis air bersih.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk proyek pengadaan air bersih dari sumber Seropan.
“Dana Rp5 miliar itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Semoga warga kami di sejumlah desa wilayah Pracimantoro bisa terbebas dari masalah krisis air,” harapnya.

Masih terkait pembangunan infrastruktur, di Sidoarjo, Jawa Timur, pemerintah kabupaten setempat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga mempelopori pembangunan jalan dengan menggunakan beton pracetak.
Jalan-jalan yang semula memakai aspal kini menjadi beton pracetak. Jalan pertama yang diperbaiki menggunakan beton pracetak ialah jalan peng­hubung Kabupaten Sidoarjo dengan Mojokerto, tepatnya di Desa Kemangsen, Kecamatan Balongbendo. (TS/WJ/HS/N-3) –

sumber : mediaindonesia.com

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Ganjar Angkat 1000 Kuda Lumping jadi Event Wisata Dahsyat

Pada era gubernur terdahulu, kuda ...

©2017 Made With Love in Temanggung