Home / Berita / Tembakau Temanggung, Andalan Daerah tetapi Sebagian Tanam di Hutan Lindung

Tembakau Temanggung, Andalan Daerah tetapi Sebagian Tanam di Hutan Lindung

Siang itu, matahari terik. Warga dan petani mulai mendekat ke panggung kehormatan di atas tanah tegalan. Ibu-ibu tampak menggendong balita, sambil membawa payung melindungi dari dari sengatan matahari.

tembakau-temabggung2-Gunungan-yang-dihiasi-hasil-bumi-dan-daun-tembakau-pada-acara-Among-Tebal.

Gunungan yang dihiasi hasil bumi dan daun tembakau pada acara Among Tebal. Foto: Nuswantoro

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, ditunggu ribuan orang dalam ritual Among Tebal, atau selamatan memasuki tanam tembakau, di Desa Mranggen Kidul, Kecamatan Bansari, Temanggung.

Didahului arak-arakan tumpeng dan gunungan hasil bumi, sejurus Gubernur dan rombongan pejabat datang. Tiba di lokasi, Ganjar langsung menanam bibit tembakau, diikuti pejabat lain. Selesai itu, Ganjar bergeser ke panggung. Dia terlihat bertanya kepada Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, yang duduk di sebelah kirinya. Tangan menunjuk gunung, arah depan panggung sebelah kanan. “Itu Sumbing, atau Sindoro?” tanya Ganjar. “Gunung Sumbing. Kalau Sindoro di belakang kita ini,” kata Bambang, Selasa (31/5/16).

Lereng Sumbing, Sindoro, dan Prau adalah sentra penghasil tembakau terbaik di Jateng. Pabrikan menguasai pasar rokok Indonesia seperti Gudang Garam dan Jarum memiliki gudang besar di sini. Sebagian besar hasil pertanian tembakau Temanggung diserap dua merek ini. Jika panen raya tiba, deretan truk pengangkut tembakau antre mengular di depan gudang.

Ganjar menyampaikan pesan kepada sekitar 4.000 petani tembakau yang hadir untuk menjaga kelestarian lingkungan, di kalimat-kalimat awal sambutannya.

“Menanamlah dengan cara baik, dirawat tanaman, juga hutan,” katanya dengan bahasa Jawa, tanpa tedeng aling-aling. “Kalau kalian tak merawat hutan, tak mau merawat mata air, saya tidak mau jadi senopati. Jadi hansip saja,” katanya seraya bergurau. Gubernur Jateng ini oleh kalangan petani dijuluki senopati tembakau karena kepedulian terhadap nasib petani tembakau.

tembakau-temanggung1-Gubernur-Jateng-Ganjar-Pranowo-pada-acara-Among-Tebal-di-Temanggung

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada acara Among Tebal di Temanggung. Foto: Nuswantoro

 baca selengkapnya mongabay.co.id

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Kebakaran di Gunung Sumbing Meluas, BPBD Datangkan Helikopter Kamov

Sudah lebih dari sepekan, kabakaran ...

©2017 Made With Love in Temanggung