Home / Berita / Terbukti, Satu Kasus Politik Uang di Temanggung Diproses

Terbukti, Satu Kasus Politik Uang di Temanggung Diproses

Kasus politik uang yang terjadi selama Pilkada 2018 di Temanggung memasuki babak baru. Satu dari belasan kasus yang ditemukan telah dilimpahkan ke kepolisian per Jumat (29/6) sore.

Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Jawa Tengah, Sri Wahyu Ananingsih mengatakan, pelimpahan dilakukan usai pihaknya menggelar rapat pleno bersama jajaran panwaslu. “Satu kasus terbukti dan dilakukan pendukung paslon nomor urut 3 (Pilbup Temanggung). Saat ini sudah dilimpahkan ke pihak kepolisian,” ujarnya ketika dihubungi, Jumat (29/6).

Adapun bukti yang terkumpul meliputi sejumlah amplop berisi lembaran uang pecahan Rp 20 ribu. Diperkuat keterangan saksi yang menyaksikan pelaku mengarahkan pemilih untuk mencoblos gambar paslon Pilbup Temanggung nomor urut 3, Al Khadziq-Heri Ibnu Wibowo.

Ana mengatakan, pelaku berjumlah satu orang yang lantas diketahui sebagai timses Al Khadziq-Heri Ibnu Wibowo ini telah diamankan Panwaslu setempat. Selanjutnya, sambung Ana, kasus bakal dibawa ke ranah hukum dan akan diperkuat dengan putusan dari Kejaksaan Negeri setempat.

“Kasus ini terjadi di Kecamatan Pringsurat, dan nantinya jika terbukti bersalah, bisa dijerat pidana sesuai UU Nomor 13 Tahun 2017,” ujar Anna lagi.

Lebih lanjut, Ana memastikan bahwa dari rangkaian kasus politik uang yang ditemukan di 14 Kecamatan Temanggung, hanya delapan yang dinyatakan memenuhi unsur pelanggaran kampanye. Dengan begitu, Bawaslu menilai pelanggarannya tak memenuhi 50 persen dari total 20 kecamatan yang ada di Temanggung.

loading...

“Sehingga tak memenuhi unsur masif di Temanggung untuk kemudian diteruskan di sidang pemeriksaan TSM (terstruktur, sistematis, dan masif),” imbuhnya.

Namun demikian, Bawaslu tetap akan mengkaji apakah rentetan kasus politik uang ini, khususnya terkait apakah dapat berujung pada hukuman diskualifikasi dari paslon nomor urut 3 atau tidak. “Kami akan terus mengusutnya sampai tuntas,” tandasnya.

Sementara diketahui melalui rekap C1 yang diunggah panitia pemungutan suara, paslon Al Khadziq-Heri Ibnu Wibowo usungan koalisi Partai Gerindra, PPP, Partai Golkar, dan PAN tersebut saat ini tengah unggul atas dua rivalnya. Yakni Bambang Sukarno-Matoha dan Haryo Dewandono-Irawan Prasetyadi.

(gul/JPC)

sumber : jawapos.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung
x

Check Also

Terdakwa politik uang di Temanggung dituntut 3 tahun penjara

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan ...

©2017 Made With Love in Temanggung