Home / Kuliner / Tiga Makanan Khas Kabupaten Temanggung

Tiga Makanan Khas Kabupaten Temanggung

Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah memnag kota yang relatif kecil. Namun jangan salah ditempat ini anda akan menemukan berbagai keunikan salah satunya yaitu wisata kuliner di kabupaten Temanggung ini. Berbagai makanan dari berbagai daerah tersedia disini tapi ada beberapa makanan khas di kota ini yang banyak orang belum mengetahuinya. Makanan karya orang temanggung mulai populer saat ini dikalangan masyarakat daerah sekitar seperti kabupaten Wonosobo, Magelang dan Semarang. Hal ini didorong oleh maraknya jenis makanan khas didaerah lain. Berikut makanan khas yang ada di kabupaten Temanggung:

1. Sego Goreng Mbako

 nasi-goreng-tembakau-740x350

Sego Goreng Mbako atau dalam bahasa indonesianya nasi goreng tembakau merupakan salah satu makanan khas yang ada di Temanggung ini, dari namanya saja sudah terdengar unik. Nama nasi goreng ini terinspirasi dari komoditas dari kabupaten Temanggung sendiri yaitu Tembakau srintil dan Kopinya. Nasi goreng ini diberi beberapa daun tembakau, jadi daun tembakau ini benar-benar dimasak dengan bawang dan daging ayam. Namun tembakau ini tidak akan meracuni tubuh karena sudah melalui proses yang panjang. Daun tembakau di nasi goreng ini tetap terasa pahit walaupun telah dimasak sedemikian rupa namun jika dimakan bersama nasinya daunnya tidak akan terasa pahit. Hanya dengan harga Rp. 13.000 kita sudah bisa menikmati hidangan ini. Nasi goreng ini dapat ditemukan di salah satu tempat makan di Teamanggung yaitu “Tempat Makan Temanggung Bersenyum”. Lokasinya juga sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh siapapun yang akan mencobanya yakni sebelah barat alon-alon kota Temanggung .

2. Bakso Uleg Pak Di

Bakso

Makanan yang satu ini juga unik di Temanggung dan merupakan makanan khas kebanggan orang temanggung. Bakso yang satu ini berbeda dengan daerah lain karena namanya bakso uleg. Sebenarnya yang diuleg bukan baksonya cabai rawit segar yang diuleg. Cabai yang diuleg itu yang menjadi khas di makanan satu ini, sehingga bakso ini tidak algi menggunakan sambal pada umumnya bakso yang lain. Cabai rawit yang masih segar diuleg langsung dimangkoknya, sehingga rasa pedasnya sangat terasa menghantam lidah. Seporsi bakso yang berisi 5 butir bakso, tahu goreng isi siomay, dan irisan ketupat ini hanya dijual seharga Rp. 10.000. Sangat terjangkau bagi kalangan menengah kebawah maupun keatas. Bakso uleg ini dapat didaptakan di alamat Jl. Jend. Sudirman no.48 A Temanggung

3. Nasi Godhog Pak Mul

Nasi-Godog

Makanan yang terakhir ini terletak di depan BNI46 Temanggung bersebelahan persis dengan Apotik Krisna. Dengan rasa khas gurihnya makanan ini banyak dicari masyarakat diluar kabupaten Temanggung. Rasa gurih ini tercipta dari campuran bawang putih, kecap, tomat, daun bawang, seledri, dan kuah kaldu ayam kampung. Nasi dengan bakmi rebus campur irisan daging ayam kampung ini akan lebih nikamt jika dimakan dengan leher ayam kampung atau rempela ati. Nasi Godog Pak Mul hanya buka ketika malam telah tiba yaitu mulai pukul 19.00 sampai 24.00.

sumber : okezone.com

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Di Ngropoh Temanggung Ada Durian Legit, Mau Coba?

Di Temanggung, banyak potensi wisata ...

©2017 Made With Love in Temanggung