Bagi kamu yang baru lulus SMA atau sederajat dan memutuskan untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan, ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan. Salah satu yang paling penting adalah jurusan apa yang akan ditempuh. Tidak boleh asal dalam memilih jurusan kuliah. Berikut ini adalah tips cermat dalam memilih jurusan yang harus kamu ketahui.

 

Ketahui Minat, Kemampuan, dan Potensi Diri

Punya minat dengan suatu atau sejumlah bidang? Minatmu itu bisa menjadi salah satu faktor dalam memilih jurusan kuliah. Kalau kamu suka dengan bidang tertentu dan memang ingin mempelajarinya lebih dalam lagi, tidak ada salahnya memasukkannya ke dalam daftar pilihan jurusanmu.

Namun, sangat penting mengetahui kemampuan dan potensi dirimu dalam memahami pendidikan yang akan ditempuh nanti. Jika kamu punya kemampuan yang terkait dengan bidang yang dipelajari, itu akan mempermudahmu dalam menyerapnya. Bukankah lebih menyenangkan belajar hal-hal yang kamu sukai?

Apa Motivasimu yang Membuat Dirimu Menentukan Sebuah Jurusan?

Selain dari sisi minat dan potensi diri, kamu harus tahu motivasi dalam menentukan pilihan. Misalnya memilih jurusan kuliah tata boga karena kamu sangat menyukai dunia kuliner dan ingin terjun dan menelusuri lebih dalam lagi. Atau mungkin kamu ingin mempelajari ilmu teknik karena ingin menciptakan benda-benda yang bisa mempermudah kehidupan manusia.

Apapun motivasimu, pastikan bahwa kamu benar-benar ingin menghabiskan sebagian besar waktumu untuk mempelajari dan memahami bidang itu. Jika masuk ke jurusan yang tidak disukai hanya karena mengikuti pilihan teman atau memandang jurusan hanya dari prospek kerjanya, hal itu membuatmu tidak betah dan setengah hati saat menempuh pendidikan perkuliahan nanti.

Pahami Rintangan dan Konsekuensi yang Akan Dihadapi

Bangku perkuliahan tidak akan semudah pendidikan-pendidikanmu sebelumnya. Sebelum memutuskan mendaftar sebuah jurusan, pahami dulu apa saja kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi. Contohnya, kamu ingin masuk jurusan ilmu komunikasi, berarti harus siap belajar menjadi lebih aktif, supel, dan cakap—bukan malah menjadi pasif.

Tidak ada jurusan yang tidak memiliki kesulitan, semua memiliki rintangan dan konsekuensi masing-masing. Setelah mengetahui tentang hambatan apa yang akan dijumpai kelak, jadikan itu sebagai tantangan bagimu. Tantangan itu akan membuatmu tidak menyerah dan terus berjuang mempelajarinya.

sumber : http://www.unpas.ac.id/tips-cermat-dalam-memilih-jurusan-kuliah/

Comments

comments