Home / Berita / UNBK Lebih Hemat Dibanding Ujian Tertulis

UNBK Lebih Hemat Dibanding Ujian Tertulis

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dinilai lebih hemat dalam hal pembiayaan dibanding dengan ujian nasional (UN) secara tertulis. Pada 2017 ini, SMP yang melaksanakan UNBK di Kabupaten Temanggung meningkat dari semula satu sekolah menjadi lima sekolah.

UNBK

Kasek SMP 2 Temanggung, Sugeng Philip mengatakan, untuk kali kedua sekolahnya akan menyelenggarakan UNBK setelah melaksanakan UNBK pada 2016.

“Meski awalnya memang harus menyediakan banyak komputer beserta jaringan internet, namun sebetulnya pelaksanaan UNBK itu lebih hemat, efektif dan efisien dibanding dengan motode UN tulis seperti sebelumnya,” tuturnya.

Ada sejumlah hal yang membuat UNBK dinilai lebih hemat dan ketimbang UN tertulis. Antara lain, UNBK tidak memerlukan kertas untuk soal dan lembar jawaban, dan dengan sendirinya tidak dibutuhkan lagi biaya pendistribusian soal-soal ujian itu ke sekolah-sekolah.

Selain itu, pelaksanaan sosialisasi dan operasional bagi pengawas ujian lebih hemat, karena jumlah pengawas dalam UNBK tidak sebanyak ketika UN tertulis. Demikian pula, tugas pengawasan dalam UNBK itu tidak seberat pengawasan UN tertulis.

loading...

“Waktu bagi siswa mengerjakan soal lebih efektif pula. Kalau ujian tertulis, waktu yang dimanfaatkan siswa mengerjakan soal kira-kira hanya 76 persen, sisanya untuk membolak-balik kertas soal dan menghitamkan pilihan jawaban. Dengan UNBK, kira-kira 90 persen waktu bisa dipakai mengerjakan soal,” jelasnya.

Penilaian serupa diungkapkan Kasek SMP 1 Tembarak, Herdiyanto yang sekolahnya untuk kali pertama melaksanakan UNBK tahun ini, dengan menggunakan fasilitas komputer dan jaringan internet di SMK 1 Tembarak.

Menurutnya, penghematan itu terutama pada jumlah pengawas ujian. “Ketika UN tertulis lalu, siswa dibagi dalam sembilan kelas, dengan setiap kelas diawasi dua guru. Kalau dalam UNBK nanti, siswa dibagi dalam empat ruang laboratorium komputer dengan setiap ruang diawasi satu guru, dan pelaksanaannya dua shift atau dua gelombang,” tuturnya.

sumber : (Henry Sofyan/ CN33/ SM Network/suaramerdeka.com)

Comments

comments

About admin

Portal Info kota Temanggung

Leave a Reply

x

Check Also

Dikritik, RSUD Temanggung Enggan Layani Peserta Jaminan Kesehatan

RSUD Temanggung, Jawa Tenggah  yang ...

©2017 Made With Love in Temanggung